Logo
Beranda Berita Single Post

Dipusatkan Di Kwarda Kalsel, Kwarnas Selenggarakan Bimtek Gudep Aman Bencana Regional III Dan IV

KALSEL -- Wakil Ketua Kwartir Nasional/Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kak GKR Mangkubumi secara resmi membuka Bimbingan Teknis Gugusdepan Aman Bencana II untuk Regional III dan IV yang dipusatkan pelaksanaannya di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Jumat (09/09/2022).

 

Kak GKR Mangkubumi membacakan sambutan Ketua Kwarnas pada pembukaan Bimtek Gudep Aman Bencana Regional III dan IV yang diselenggarakan sampai dengan Selasa, 13 September 2022 mendatang.

 

Ketua Kwarnas, Kak Budi Waseso dalam sambutan yang dibacakan Kak GKR Mangkubumi menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, tidak menyurutkan langkah Gerakan Pramuka untuk terus melaksanakan kegiatan Pendidikan Kepramukaan. 

 

"Tentu saja karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, saya juga agar pelaksanaan kegiatan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan baik," ujar Kak Budi Waseso sebagaimana dibacakan Kak GKR Mangkubumi.

 

Ketua Kwarnas mengingatkan seluruh peserta bahwa negara kita yang berada di “Ring of Fire” atau Cincin Api, yang berarti wilayah yang rawan bencana. Karena itulah, perilaku sadar dan mampu secara adaptif menghadapi ancaman bencana sudah selayaknya dipahami oleh semua warganegara kita, termasuk para Pramuka.

 

Menurut Kak Budi Waseso, pemahaman para Pramuka untuk selalu waspada dan mampu menghadapi ancaman bencana harus dilatih secara terus menerus. Para Pramuka yang berada gugusdepan-gugusdepan merupakan garda terdepan pendidikan kepramukaan.

 

"Harus dibekali pengetahuan dan bimbingan teknis yang memadai untuk menghadapi ancaman bencana," tegas Kak Budi Waseso.

 

Pendidikan kepada para Pramuka di Gugusdepan itulah, lanjut Ketua Kwarnas, yang menjadi salah satu tugas para Pembina Pramuka. Dalam kaitan itu, bimbingan teknis yang dilaksanakan saat ini merupakan bagian dari upaya Gerakan Pramuka menyiapkan sumber daya manusia, yaitu para Pembina Pramuka yang mampu mengimplementasikan kegiatan Gugusdepan Aman Bencana. 

 

"Untuk itu, saya berharap agar bimbingan teknis yang dilaksanakan saat ini, dapat diikuti dengan baik. Semoga ke depan bimbingan teknis ini dapat membantu terwujudnya kader Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana dengan jumlah semakin banyak yang tersertifikasi oleh lembaga kompeten," lanjutnya. 

 

Kak Budi Waseso berharap pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana yang dilakukan para Pramuka dapat berjalan dengan baik, sesuai aturan dan kemampuan yang telah diberikan melalui berbagai pelatihan.

 

Pada kesempatan ini, Kak Budi Waseso juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan bimbingan teknis ini. Baik dari lingkungan Gerakan Pramuka sendiri, maupun dari berbagai pihak lain, seperti dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Seknas Kemendikbudristek, dan mitra lainnya.

 

Ketua Kwarnas mengucapkan selamat mengikuti Bimbingan Teknis Gugusdepan Aman Bencana Regional III dan IV Tahun 2022 kepada Kakak-kakak Peserta Bimbingan Teknis Gudep Aman Bencana Regional III dan IV. 

 

"Semoga ilmu yang didapat ini bermanfaat bagi kita dan masyarakat di sekitar kita dan Allah Subhannawata'ala memudahkan serta melancarkan usaha kita ini," pungkasnya.

 

Sebelumnya disampaikan pula oleh Kak GKR Mangkubumi yang telah hadir melalui ruang Zoom, atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah provinsi Kalimantan Selatan dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan (Kwarda Kalsel) demi terlesenggaranya kegiatan ini.

 

Pada kesempatan tersebut, pembukaan juga diawali dengan laporan dari Penanggungjawab Kegiatan dalam hal ini adalah Kak Bambang Sasongko, Andalan Nasional Komisi Abdimas, dan sambutan dari Kwarda Kalsel, serta BNPB. 

--
Tim Media Abdimas Kwarnas