Logo
Beranda Berita Single Post

Bimtek Regional III Dan IV Usai, Kalsel Diharapkan Bisa Menjadi Barometer Percontohan Gugusdepan Aman Bencana

Andalan Nasional Komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas), Kak Bambang Sasongko (Kokok) menyampaikan bahwa Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan (Kwarda Kalsel) sebagai lokasi pelaksanaan Bimbingan Teknis Gugusdepan Aman Bencana Regional III dan IV bukan hanya sekedar penunjukan semata.

 

"Ada harapan yang baik bahwa Kalsel akan menjadi barometer atau percontohan implementasi Gugusdepan Aman Bencana," ujarnya saat upacara penutupan kegiatan di Aula Gedung Kwarda Kalsel, Jl. Mulawarman Nomor 01 Banjarmasin, Selasa (13/09/2022).

 

Menurut Kak Kokok, tidak ada daerah di Indonesia yang dinyatakan aman sepenuhnya, sehingga pramuka di manapun harus punya peran yang nyata. Melalui bimtek ini dingatkan pula bahwa perlu banyak belajar terkait kesiapsiagaan dan keselamatan menjadi hal yang lebih penting.

 

“Oleh karenanya hadir disini kakak-kakak dari Pembina golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan dari perguruan tinggi, dari Dikpora, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saling berkonstribusi dan mendukung program ini,” tegasnya.

Diketahui bahwa Bimtek Gugusdepan Aman Bencana Regional III dan IV yang diselenggarakan secara luring sejak 8 September 2022 lalu diikuti oleh 44 peserta dari dari unsur Pembina Pramuka dari Regional III dan IV, Kwarda Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

 

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kak M. Rusli, S.Sos., M.M., Ketua Harian Kwarda Kalsel mewakili Ketua Kwarda Kalsel, Kak Hj. Raudatul Jannah, SKM, M.Kes. yang berhalangan hadir.

 

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kak Rusli, Ketua Kwarda Kalsel menyampaikan rasa gembira dan senang bahwa pihaknya beserta jajaran di Kwarda Kalsel dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan nasional Bimtek Gudep Aman Bencana Regional III dan IV ini.

 

“Terima kasih tak terhingga kepada kakak-kakak pemateri dan narasumber atas ilmu yang telah diberikan dengan harapan ilmu yang telah didapat bisa diimplementasikan di kwartir daerah dan kwartir cabang masing-masing,” ujar Ketua Kwarda sebagaimana dibacakan Kak Rusli.

 

 

 

Pihaknya berharap meskipun bimtek telah selesai, namun kegiatan aksi ke depannya tidak akan berhenti. Kak Raudatul Jannah mengajak kepada seluruh peserta untuk dapat lebih mengembangkan lagi di kwartir daerah dan kwartir cabang masing-masing. Pihaknya juga menyampaikan selamat jalan, kembali ke tempat masing-masing.

 

Sebagaimana diketahui bahwa Bimtek Gudep Aman Bencana Regional III dan IV ini didukung oleh Mitra Gerakan Pramuka dalam hal ini Komisi Pengabdian Masyarakat di antaranya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Seknas Kemendikbud, Fasilitator Nasional SPAB, dan juga Save The Children. 

--
Choiri Setiawan
Tim Media Abdimas Kwarnas