Logo
Beranda Berita Single Post

Hari Pramuka Ke-60 Kwarda Kalsel Gelar Tasyakuran Dan Bulan Bakti

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan gelar tasyakuran. Acara yang dipandu oleh Zainal Abidin selaku Sekretaris I Kwarda Kalsel ini diikuti unsur pimpiman, pengurus Kwarda Kalsel, Dewan Kerja Daerah, Pramuka Peduli dan Anggota Pramuka Binaan Kwarda Kalsel, Senin (16/8/2021).

 

 

Menurut Bendahara Kwarda Kalsel, Hj Hidayati menjelaskan, tasyakuran ini rangkaian acara dari Hari Pramuka ke-60, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, sekaligus memperingati hari lahir Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah, SKM, M.Kes. yang ke-51.

 

Seiring berjalannya acara, Wakil Ketua Kwarda bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Dr H Karyono Ibnu Ahmad, memberikan nasihat untuk dapat dijadikan refleksi diri sebagai anggota Pramuka.

“Kalau kita mau melihat, seluruh peringatan pada bulan Agustus ini tertaut pada beberapa nama surah dalam Al-Qur’an. Hari Proklamasi Kemerdekaan Ke-76, kita lihat dengan surah ke-76 yaitu surah Al-Insan ayat 3. Dalam peringatan HUT RI ini kita dihadapkan dengan kelompok manusia yang bersyukur dan ada pula yang kufur. Maka hendaknya kita dapat menjadi orang yang bersyukur,” ujarnya.

 

“Begitu pula dengan peringatan Hari Pramuka Ke-60 ini, sesuai dengan nama surah yang ke-60, Al-Mumtahamah (Wanita Yang Diuji). Kedaan Pramuka sekarang sedang dalam ujian pandemi Covid-19. Hendaknya kita sebagai anggota Pramuka dapat mempersiapkan diri seperti orang yang akan menghadapi ujian dan tidak berputus asa,” sambungnya.

 

“Harapan kita semua, semoga Ketua Kwarda bisa terus diberikan kekuatan dalam memimpin Gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Dalam acara ini juga dibarengi dengan pembacaan surah Yaasin, tausiah, dan doa selamat.

 

Tausiah yang disampaikan andalan Kwarda Kalsel periode 2012-2017, Ustadz Ahmad Supian, menyampaikan bahwa pemuda/anggota pramuka itu harus memiliki wawasan yang luas.

“Kepada para pemuda harus mempunyai tarbiyatul aqli atau wawasan yang luas, tarbiyatu adabi yaitu akhlak yang mulia dan mempunyai keterampilan yang tinggi,” ucapnya.

Pada bulan Agustus ini, Kwarda Kalsel menyambut Hari Pramuka akan menyelenggarakan Bulan Bakti dengan tema Berbakti Tanpa Henti. Beberapa kegiatan yang akan digelar, yaitu donor darah yang diselengarakan tanggal 19 Agustus dan Vaksinisasi tanggal 26 Agustus 2021.

 

Sebelumnya Kwarda Kalsel telah melaksanakan Vaksinasi Tahap 1 pada 29 Juli 2021, dan menggelar MTQ online pramuka siaga dan penggalang.