Logo
Beranda Berita Single Post

PRAMUKA HARUS MENJADI PELOPOR PEMBANGUNAN

AMUNTAI – Harapan tersebut disampaikan R. Suria Fadliansyah, Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab) Hulu Sungai Utara (HSU) melalui pantun sesaat sebelum membuka secara resmi Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2022 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Hulu Sungai Utara di Aula Idham Chalid Amuntai, Selasa Pagi (13/12/2022).

 

Tulak ka pasar manukar angsa, angsa disembelih menjadi opor

mari pramuka berbakti pada bangsa, berada di depan menjadi pelopor”

Pantun Ka Mabicab HSU untuk Pramuka

 

Selain itu dalam sambutan beliau juga berharap, seluruh pramuka di HSU agar terus membina Kedisiplinan, Kekompakan dan selalu Keratif untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara. Serta menjadikan momentum rakercab ini sebagai forum untuk mengevaluasi kegiatan pramuka yang telah dan akan dilaksanakan pada tahun depan, sehingga dapat menciptakan cikal bakal generasi untuk masa depan.

 

“Binalah Kedisiplinan, Kekompakan dan Kreatifitas untuk tetap mendukung pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara” pungkas Penjabat Bupati HSU, Selasa (13/12/2022).

 

Ia juga berharap, melalui rakercab ini para peserta dapat menyamakan pandangan dan pemahaman bahwa rakercab bukan hanya sebagai kegiatan seremonial saja, melainkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendiskusikan, mencurahkan tenaga dan pikiran untuk menyusun agenda kerja untuk meningkatkkan peran pramuka di Hulu Sugai Utara.

 

 

Ka Mabicab yang hadir didampingi oleh anggota Mabicab lainnya seperti Ketua DPRD HSU, Kapolres HSU, Dandim 1001 Amuntai yang diwakili Kasdim 1001, Kepala Kejaksaan Negeri Amuntai dan Kepala Dinas/Instansi di HSU hadir untuk mengikuti kegiatan Pembukaan Rakercab Tahun 2022 Kwarcab HSU yang diikuti oleh Ketua Mabiran, Kwarran, Kakak-Kakak Andalan, Dewan Kerja Cabang serta Dewan Kerja Ranting se Hulu Sungai Utara.

 

Rakercab yang bertujuan untuk mengevaluasi dan menyusun rencana strategis dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi Gerakan Pramuka dalam mewujudkan tujuan Gerakan Pramuka yaitu untuk membentuk setiap Pramuka agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin. Selain itu juga pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup. Dengan itu semua diharapkan menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup.