Logo
Beranda Berita Single Post

RAKERCAB HSU HASILKAN PROGJA 2023

AMUNTAI – Sesaat setelah dibuka secara resmi oleh R. Suria Fadliansyah, Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab) Hulu Sungai Utara (HSU), Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Hulu Sungai Utara HSU memimpin langsung Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2022 Kwarcab HSU di Aula Idham Chalid Amuntai, Selasa Pagi (13/12/2022).

 

Rakercab yang bertujuan untuk mengevaluasi dan menyusun rencana strategis dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi Gerakan Pramuka dalam mewujudkan tujuan Gerakan Pramuka yaitu untuk membentuk setiap Pramuka agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin, sedikitnya diikuti oleh puluhan anggota pramuka yang terdiri dari Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Kwartir Ranting (Kwarran), Andalan, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Cabang serta Ranting se Hulu Sungai Utara.

 

Beberapa usulan untuk dijadikan program kerja mewarnai Rakercab, baik kegiatan untuk tingkat ranting, tingkat cabang, tingkat daerah dan nasional, maupun kegiatan berskala internasional yang diantaranya yaitu Raimuna, Karya Bakti Lebaran, JOTA-JOTI, Lomba Tingkat, Bazar Siaga, Peningkatan Kompetensi Peserta Didik, Pembina dan Andalan serta berbagai kegiatan lainnya yang bertujuan menjadikan dan mendukung kaum muda Indonesia menjadi pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup yang diharapkan menjadi kader bangsa penerus tongkat estafet pembangunan yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup.

 

 

Ketua Kwarcab HSU, Jumasdi, S.AP. MT. mengatakan, semua usulan kegiatan yang dihasilkan pada rakercab ini diusahakan akan dilaksanakan dengan baik di Tahun 2023, dan tentunya hal terebut juga perlu dukungan dari berbagai pihak, khususnya dari Kwarran dan Gugusdepan sehingga apa yang menjadi tujuan Gerakan Pramuka dapat terlaksana sesuai yang direncanakan.

 

“dari semua usulan yang disampaikan pada rakercab, akan kita usahakan dapat terlaksana dengan baik, dimana pada tahun 2023 program kerja akan memfokuskan kegiatan pada pembenahan kwarran dan gugusdepan, sehingga perannya sebagai ujung tombak Gerakan Pramuka dapat selaras dengan kwartir cabang serta kwartir-kwartir diatasnya, sehingga dapat mewujudkan visi dan misi Gerakan Pramuka” ujar pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSU ini, Selasa sore (13/12/2022) di Aula Ideham Chalid Amuntai.

 

Dalam kesempatan itu ia juga mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka, khususnya di berbagai satuan yang berada dibawah kendali Kwarcab HSU untuk menyamakan persepsi dan pemahaman, serta selalu antusias dalam mendukung semua kegiatan yang akan dilaksanakan.