Logo
Beranda Berita Single Post

KAK SURIA RESMI TUTUP LOMBA TINGKAT TIGA TAHUN 2023

AMUNTAI - Bertempat di Lapangan Basket SMP Negeri 3 Sungai Pandan, Penjabat (Pj). Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), R. Suria Fadliansyah, M.Pd. secara resmi menutup Lomba Tingkat Tiga Regu Pramuka Penggalang Tahun 2023 Kwartir Cabang (Kwarcab) HSU, Minggu Siang (05/03/2023). Lomba Tingkat Tiga Regu Pramuka Penggalang yang disingkat LT III Tahun 2023 ini, diikuti oleh Peserta Didik Pramuka Golongan Penggalang perwakilan  Kwartir Ranting dari Pangkalan SMP dan MTs di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

 

Dalam amanatnya Pj. Bupati HSU, R. Suria Fadliansyah yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang  Gerakan Pramuka (Kak. Mabicab) HSU mengatakan, agar kegiatan lomba ini tidak hanya dijadikan sekedar kegiatan untuk meraih prestasi saja, namun juga untuk mengukur, menilai dan melakukan evaluasi  kemampuan serta keterampilan yang sudah adik-adik pelajari di Gugusdepan. Ia juga berpesan, agar para anggota pramuka khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk selalu giat dalam mengikuti latihan Pramuka disertai niat yang tulus dan ikhlas, sehingga dapat membentuk generasi muda yang cerdas, terampil, berprestasi dan berkarakter.

 

"Oleh karena itu, marilah kita selalu giat, tulus, dan ikhlas setiap mengikuti berbagai kegiatan kepramukaan, sehingga terbentuk generasi muda yang cerdas, terampil, berprestasi dan berkarakter " Tuturnya.

 

 

 

Selain itu terangnya, Gerakan Pramuka yang merupakan wadah Pendidikan non formal dengan tujuan untuk mendidik dan membina generasi muda agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil, dan berpengetahuan, sehat serta kuat jasmani dan rohani, serta memiliki rasa kesetiakawanan yang tinggi, sehingga mampu ikut serta membangun masyarakat.

 

"Mengikuti kegiatan Pramuka adalah bagian dari kehidupan sosial kita, untuk melatih kita bermasyarakat. Untuk itu, adik-adik yang mengikuti kegiatan pertemuan ini diharapkan tidak hanya terjalin sebuah silaturahmi, tetapi juga sebagai ajang saling tukar informasi dan ilmu pengetahuan serta keterampilan, untuk membantu pemerintah dalam membangun masyarakat. Salah satu contohnya jika adik-adik menemukan sampah dipinggir jalan, hendaknya adik-adik berinisiatif untuk membuang ketempat sampah. Walaupun hanya sebuah hal kecil, namun contoh kebaikan tersebut sangat bernilai dan membantu pemerintah untuk mencontohkan kebiasaan tersebut kepada masyarakat” terang Kak Suria.

 

 

 

Pada LT III Tahun 2023 ini Regu Hiu dari Gugusdepan 114-055 Pangkalan SMP Islam IUNS menjadi Regu Berprestasi Tinggi Putra, sementara itu Regu Berprestasi Baik Putra diraih oleh Regu Garuda dari Gugusdepan 113-021 Pangkalan SMP Negeri 4 Amuntai, dan Regu Rajawali dari Gugusdepan 110-009 Pangkalan SMP Negeri 2 Sungai Pandan sebagai Regu Berprestasi Cukup Putra. Sedangkan untuk putri, Regu Berprestasi Tinggi diraih oleh Regu Teratai dari Gugusdepan 113-022 Pangkalan SMP Negeri 4 Amuntai, Regu Berprestasi Baik jatuh kepada Regu Lavender dari Gugusdepan 114-056 Pangkalan SMP Islam IUNS, dan Regu Lavender dari Gugusdepan 114-006 Pangkalan SMP Negeri 5 Amuntai.

 

Regu Pramuka Penggalang Berprestasi Tinggi pada Lomba Tingkat Tiga kali ini akan mewakili Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Hulu Sungai Utara pada Lomba Tingkat Empat Regu Pramuka Penggalang Tahun 2023 Kwartir Daerah Kalimantan Selatan yang akan dilakasanakan tanggal 16-19 Maret 2023 mendatang di Kiram Park Area, Kabupaten Banjar. (WKV-HSU)