Logo
Beranda Berita Single Post

HALANG RINTANG PRIMADONA PENJELAJAHAN LT IV

KIRAM – Bertempat di Mini Outbond Alam Roh 20, Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Pos Halang Rintang menjadi primadonanya giat penjelajahan pada Lomba Tingkat Empat Regu Pramuka Penggalang (LT IV) Tahun 2023 Kwartir Daerah Kalimantan Selatan (Kwarda Kalsel). Hampir semua personil pada setiap regu berminat mengikuti tantangan pos haling rintang, namun pertimbangan waktu hanya empat orang per regu yang hanya dapat mengikuti tantangan di pos tersebut.

 

Berjalan di titian dari rajutan tali dan balok kayu, mengendarai sepeda diatas tali dan meluncur di flying fox menjadi tatangan tersendiri pada pos haling rintang, peserta yang berminat pun ketika ditanya rata-rata menyatakan ingin mengulang lagi jika diijinkan.

 

 

 

“jika diijinkan, ingin lagi kak mengulang perintah pada pos halang rintang” ujar Khalisa salah satu peserta LT IV Tahun 2023 dari salah satu Kwartir Cabang (Kwarcab) di Kwarda Kalsel kepada tim pusinfo, Sabtu (18/03) siang.

 

 

 

 

Selain pos haling rintang, ada juga pos pemberangkatan untuk memulai tantangan pembuatan peta pita dan penggunaan kompas, pos semboyan isyarat, pemecahan soal sandi dan komunikasi lapangan yang mewajibkan peserta dapat memecahkan soal sandi, dan kemudian melakukana komunikasi lapangan dengan semboyan dan isyarat menggunakan Bendera Semaphore. Setelah selellsai di pos ini, peserta melalui jalanan becek, berair dan menanjak menuju pos sketsa panorama dan menaksir tinggi sebuah benda serta lebar sebuah jarak, yang dilanjutkan ke pos PPPK untuk melaksanakan perintah pembuatan tandu darurat dan penanganan tanggap darurat pada sebuah kecelakaan. Dan berakhir pada pos haling rintang.

 

 

 

 

 

 

Kegiatan penjelajahan ini sendiri bertujuan untuk melatih keterampilan dan keuletan jasmani/rohani, mengenal alam dan lingkungannya dengan segala dinamika yang dihadapi dan mengembangkan sistem kerjasama regu dalam pasukan serta pengujian terhadap pengetahuan yang sudah dimiliki oleh peserta. (pusinfo)