Logo
Beranda Berita Single Post

BEKANTAN BORNEO DAN KAMBOJA, REGU BERPRESTASI TINGGI LT IV KALSEL 2023

KIRAM – Setelah berlangsung selama empat hari tiga malam, Lomba Tingkat Empat Regu Pramuka Penggalang (LT IV) Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 yang digelar di Bumi Perkemahan Alam Roh 20, Desa Kiram, Kabupaten Banjar dari tanggal 16 s.d. 19 Maret 2023 akhirnya berakhir dan secara resmi ditutup oleh Kak Kwarda Kalsel yang diwakili Ketua Harian Kwarda Kalsel, Kak. Agussalim, S.Sos.

 

Pada upacara penutupan yang digelar di Lapangan Utama pada Minggu (19/03) Jam 12.00 Wita ini juga diumumkan berbagai pemenang perlombaan dan Regu Berprestasi Cukup, Regu Berprestasi Baik dan Regu Berprestasi Tinggi baik putra dan putri yang akan mewakili Kalsel di kegiatan LT IV Kalsel 2023 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur pada bulan Juni yang akan datang.

 

Hingga akhir kegiatan peserta LT IV Kalsel 2023 berjumlah 182 orang, yang terdiri dari 11 Regu Putra dengan Jumlah 88 orang dari 11 Kwarcab dan 12 Regu Putri yang berjumlah 94 orang dari 12 Kwarcab, 11 Pembina Putra, 12 Pembina Putri dan 5 Pimpinan Kontingen cabang. Peserta juga telah menyelesaikan 28 mata lomba yang diselenggarakan.

 

 

 

Dari jumlah point terbanyak pada LT IV Kalsel 2023, Regu Bekantan Borneo dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Banjarmasin menjadi Regu Berprestasi Tinggi Putra dengan jumlah point 172, sedang Regu Berprestasi Baik di raih oleh Regu Elang dari Kwarcab Hulu Sungai Selatan dengan jumlah point 158, dan Regu Kucing dari Kwarcab Banjarbaru menjadi Regu Beprestasi Cukup dengan jumlah point 149.

 

Sementara untuk Regu Berprestasi Tinggi Putri diraih oleh Regu Kamboja dari Kwarcab Banjar dengan jumlah point 168, dan Regu Berprestasi Baik Putri diraih oleh Regu Anggrek Hitam dari Kwarcab Hulu Sungai Tengah dengan jumlah point 167, serta Regu Berprestasi Cukup diraih oleh Regu Dahlia dari Kwarcab Banjarmasin dengan jumlah poit 149.

 

Selain mendapatkan trophy atau piala, keenam regu berprestasi tersebut juga mendapat Tunggul Prestasi yang diserahkan oleh Ketua Harian Kwarda Kalsel. Disertai juga ucapan selamat dan sukses dari pengurus Kwarda Kalsel dan Panitia Pelaksana LT IV Kalsel 2023.

 

 

Seraya mengutip pesan Boden Powell “tak pernah menangis apalagi larut dalam kesedihan, pramuka selalu ada meskipun diguyur gerimis bahkan dihantam hujan deras”, Kak. Kwarda Kalsel Hj. Raudatul Jannah, SKM., M.Kes melalui Ketua Harian Kwarda Kalsel Kak. Agussalim, S.Sos mengatakan, bahwa apapun hasil yang telah didapat merupakan usaha terbaik yang telah dilakukan oleh adik-adik, karena yang berdiri disini adalah regu pilihan sekaligus perwakilan terbaik dari masing-masing cabang dan contoh serta teladan bagi teman, sudara, kebanggaan orang tua, guru, Gugusdepan, Kwarir Ranting dan Kwartir Cabang.

 

“Apapun hasil yang dicapai adalah usaha terbaik yang dilakukan adik – adik. Bagi yang belum dapat mencapai prestasi tertinggi, percayalah, kalian adalah pilihan terbaik di Kwartir Cabang kalian masing – masing, regu kalian adalah contoh dan tauladan bagi teman dan saudara, kebanggaan orangtua, guru, Gugusdepan, Kwartir Ranting, dan Kwartir Cabang. Kalian telah melewati latihan, perlombaan, dan tantangan yang juga tidak mudah, namun pada akhirnya kalian berdiri di sini, menjadi perwakilan terbaik, terpilih, yang mewakili puluhan regu penggalang di Kwartir kalian masing – masing. Tetap giat berlatih, giat belajar, rajin beribadah, berbudi pekerti luhur dan selalu berbakti kepada kedua orangtua, nusa, bangsa, dan agama. Selalu aktif berkegiatan pramuka dengan semakin memahami serta mengaplikasikan dasa darma pramuka setiap saat” Kata Agussalim waktu menyampaikan sambutan Kak Kwarda Kalsel, Minggu (19/03) siang.

 

 

 

 

 

Ia juga berpesan agar Regu Berprestasi Tinggi terus berlatih karena perjuangan masih Panjang, begitu pun tantangan yang dihadapi pada tingkat nasional akan lebih ketat, sehingga membutuhkan latihan dan komitmen yang kuat serta membutuhkan do’a dan ikhtiar setiap saat. Kwartir Daerah Kalimantan Selatan akan mendukung penuh perjuangan adik-adik di Lomba Tingkat Lima Nasional, siapkan mental dan selalu meminta doa kedua orang tua, guru, pembina dan teman teman, agar perjuangan itu dimudahkan, dilancarkan dan dapat membawa nama Kwartir Daerah Kalimantan Selatan di kancah Kwartir Nasional.

 

Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras para Pembina pendamping, pembantu Pembina, Gugusdepan, Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang dalam mendampingi, melatih dan memberikan Pendidikan Kepramukaan kepada adik-adik dan sembari mendo’akan semoga semua usaha dan kerja keras tersebut menjadi amal ibadah.

 

“Bagi para kakak pembina pendamping, pembantu pembina pendamping, Gugusdepan, Kwartir Ranting, dan Kwartir Cabang, terimakasih atas kerja keras kakak–kakak sekalian dalam membina, mendampingi, melatih, dan memberikan pendidikan kepada adik-adik, semoga segala usaha menjadi amal ibadah kakak-kakak.”

 

 

 

Tidak lupa Kak Kwarda juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Khusunya kepada Gubernur Kalimantan Selatan selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kwarda Kalsel, Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan,Dinas Pemuda dan Olahraga, Badan Keuangan Daerah, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalsel, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarbaru, Badan SAR Nasional Banjarmasin, Korem 101 Antasari, Lanud Syamsudin Noor, Brimob Polda Kalsel, Yonif 623 BWU, Fakultas Teknik Unlam Banjarbaru Program Studi Rekayasa Elektro, FKIP Unlam Banjarmasin, FPTI Kabupaten Banjar dan CODERO Banjarmasin, serta semua pihak yang mendukung baik moriil dan materiil sehingga LT IV Kalsel 2023 ini terlaksana dengan baik. (pusinfo)