Logo
Beranda Berita Single Post

150 PRAMUKA HSU IKUTI KARYA BAKTI LEBARAN 2023 M/1444 H

AMUNTAI, 16.09 – Dalam rangka turut serta membantu kegiatan mudik yang merupakan agenda religius dan kultural tahunan Bangsa Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan kegiatan Karya Bakti Lebaran 2023 Masehi/1444 Hijriyah.

 

Kegiatan Karya Bakti Pramuka yang diikuti oleh 150 Anggota Pramuka yang terdiri Anggota Dewasa dan Pramuka Penegak dan Pandega baik dari Cabang, Ranting, Gugusdepan dan Satuan Karya di Kwarcab HSU dibuka secara resmi oleh Kak. Kwarcab HSU, Jumasi, S.AP., M.T. dalam apel pembukaan pada Sabtu (15/04) sore di Halaman Kantor Bupati HSU Jalan Jenderal A. Yani Amuntai.

 

 

Menurut laporan Wakil Ketua V Kwarcab HSU Kak. Ahmad Khairullah, S.I.Kom. selaku Penangung Jawab Kegiatan  Karya Bakti Pramuka Pada Idul Fitri 1444 H/2023 M. Seperti pada tahun sebelumnya, Kwarcab HSU pada tahun 2023 selain mendirikan Posko secara mandiri di Halaman Kantor BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) HSU, anggota pramuka dari Saka Bhayangkara juga berpartisipasi pada Pos Ketupat Intan yang didirikan oleh Polres HSU.

 

Posko Karya Bakti Lebaran 1444 H/2023 M yang berada di tidak jauh dengan halaman kantor Bupati HSU, direncanakan beroperasi dari H-7 hingga H+7 Idul Fitri 1444 Hijriyah atau tepatnya tanggl 15 s.d. 29 April 2023, dengan pembagian petugas jaga dalam dua shift, yaiitu shift 1 dari jam 09.00-21.00 Wita dan shift 2 dari jam 21.00-09.00 Wita yang memberikan layanan informasi jalur mudik, lokasi wisata, lokasi tempat ibadah, tempat penginapan, layanan keamanan, kesehatan dan kedaruratan, serta rest area bagi pemudik yang ingin beristirahat.

 

"Selain berbagai layanan yang kami sediakan pada pelaksanaan Karya Bakti Pramuka kali ini, kami juga melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya selama ramadhan dan Idul Fitri" ujar Kak Khairullah, Sabtu (15/04) sore di Halaman Kantor Bupati HSU.

 

 

Sementara itu. Kak. Kwarcab HSU, Jumadi, S.AP., M.T. pada sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan Karya Bakti Pramuka Pada Idul Fitri 1444 H/2023 M menuturkan, mudik lebaran merupakan agenda relegius kultural yang melibatkan seluruh komponen bangsa, bersifat agenda nasional dengan pengelolaan yang kompleks.

 

"Maka itu Gerakan Pramuka turut serta dan terlibat secara aktif sejak beberapa waktu lalu dalam kegiatan pemberian layanan mudik lebaran dengan program karya bakti lebaran, yang bertujuan meningkatkan peran dan partisipasi Gerakan Pramuka dalam agenda bangsa dan agenda masyarakat, memvariasikan model pendidikan sambil bekerja dan pendidikan berbasis pengalaman kepada peserta didik, meningkatkan inovasi program kegiatan kesakaan, bela negara dan pengabdian masyarakat berbasis kebutuhan masyarakat, serta meningkatkan efektivitas komunikasi publik berbasis karya nyata di tengah masyarakat untuk meningkatkan citra positip Gerakan Pramuka." kata Kak. Jumadi yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kab. HSU. Sabtu (15/04)

 

 

Selain itu pada pelaksanaan posko karya bakti lebaran, ia juga menyebut akan pentingnya sinergitas dalam pengelolaan kegiatan agar lebih inovatif dalam memberikan layanan kepada para pemudik, sehingga berdampak positif bagi citra Gerakan Pramuka serta efektif sebagai media pendidikan berbasis community services dan communtiy development.

 

"Kepada seluruh anggota Pramuka yang terlibat Karya bakti Pramuka, agar senantiasa bersungguh-sungguh selama mengikuti kegiatan ini, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, sebagai wujud nyata keikutsertaan Gerakan Pramuka dalam pembangunan", ucapnya. (WKV-16.09)