Logo
Beranda Berita Single Post

Karya Bakti Pramuka Kwarda Kalsel Tahun 2023, Giat Belajar Sambil Bekerja

BANJARMASIN — Sedikitnya 50 orang Pramuka Penegak dan Pandega yang tergabung dalam Pramuka Peduli dan Dewan Kerja Daerah Kalimantan Selatan terlibat langsung dalam kegiatan Karya Bakti Pramuka pada Idul Fitri 1444 H/2023 M.

 

Hal tersebut disampaikan Kak Hikmah Raudhatul Jannah selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Karya Bakti Kwartir Daerah Kalimantan Selatan saat memberikan laporan pada Kick Off Karya Bakti Pramuka Pada Hari Raya Idul Fitri 2023 M / 1444 H yang dilaksanakan oleh Pramuka Peduli Kwartir Daerah Kalimantan Selatan di samping Duta Mall, Banjarmasin. Selasa (18/4) sore.

 

“Kegiatan Karya Bakti Pramuka yang merupakan agenda rutin dan selalu dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka sebagai aksi nyata pramuka dalam mensukseskan agenda religius kultural bangsa. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan sendiri mendirikan Posko Karya Bakti Pramuka secara mandiri yang akan beroperasi melayani dan membantu para pemudik dari tanggal 17-20 April 2023 dan 23-26 April 2023,” terang Kak Hikmah, Selasa (18/4/2023)

 

 

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan dalam sambutannya yang dibacakan Kak H. Achmadi, S.Sos Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup Kwarda Kalsel mengatakan bahwa Kegiatan Karya Bakti Pramuka ini merupakan bagian dari pendidikan kepramukaan yang bertujuan agar para anggota kita selalu siap menolong orang lain sesuai Satya dan Darma Pramuka.

 

“Melalui Kegiatan Karya Bakti Pramuka ini anggota kita diharapkan dapat mengamalkan Satya dan Darma Pramuka yang menyebutkan bahwa setiap pramuka harus menolong sesama hidup serta rela menolong dan tabah,” ucap Kak Achmadi.

 

Lebih lanjut Kak Achmadi menerangkan, pada Karya Bakti Pramuka Pada Hari Raya Idul Fitri 2023 M / 1444 H ini dilakukan berbagai kegiatan aksi kemanusiaan seperti membagikan takjil untuk berbuka puasa.

 

 

Juga membuka tempat istirahat, membantu orang menyeberang jalan, membantu pihak kepolisian dalam pengaturan lalu lintas, dan yang tidak kalah menarik yaitu para relawan Karya Bakti Pramuka juga membagikan biskuit untuk anak-anak.

 

Kak Achmadi menyatakan secara resmi membuka Kegiatan Karya Bakti, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang membantu terlaksananya kegiatan Karya Bakti Pramuka Pada Hari Raya Idul Fitri 2023 M / 1444 H khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Sosial Provinsi Kalimatan Selatan dan Polresta Banjarmasin.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan yang telah memberikan dukungan tenda untuk tempat istirahat serta makanan siap seduh untuk para relawan dan perlengkapan lainnya, tak lupa juga kepada Kepolisian Resort Kota Banjarmasin yang telah memberikan izin untuk mendirikan posko,” pungkas Kak Achmadi.