Logo
Beranda Berita Single Post

KAK MABIDA RESMI BUKA RAIDA XI KALSEL

BANJAR, KWARDA KALSEL – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau dikenal dengan panggilan Paman Birin selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka (Kak. Mabida) Kalsel, membuka secara resmi kegiatan Raimuna Daerah (Raida) XI Kalsel Tahun 2023 yang diikuti sebanyak 428 peserta perwakilan Pramuka Penegak dan Pandega beserta pendamping dari 13 Kwartir Cabang Se-Kalsel di Kiram Park, Desa Kiram, Kabupaten Banjar pada Sabtu (6/5) sore.

 

Dalam pembukaan yang dilakukan di panggung eks MTQ Nasional, nampak hadir sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalsel, KaK Mabicab, Kak Kwarcab Se-Kalimantan Selatan atau yang mewakili serta Kepala SKPD Lingkup Provinsi Kalsel yang juga menjabat sebagai anggota Mabida maupun Mabicab Gerakan Pramuka di Kalsel.

 

 

Dalam laporannya Hj Raudatul Jannah Sahbirin, SKM, MKes selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel menyampaikan, bahwa kegiatan Raimuna Daerah (Raida) XI Kalimantan Selatan Tahun 2023 ini merupakan wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kalimantan Selatan untuk melatih diri, mengekspresikan minat dan bakat, bersosialisasi, dan meningkatkan kapasitas serta kemampuan diri, dalam menghadapi tantangan jaman.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali anggota Pramuka sebagai generasi penerus bangsa, agar memiliki kemampuan, berkarakter, dan berdaya saing untuk menghadapi tantangan zaman,” ujarnya. Sabtu (6/5) Sore di Kiram park, Desa Kiram, Kabupaten Banjar.

 

 

Sementara itu, Paman Birin dalam amanatnya saat menjadi Pembina Upacara pada Pembukaan Raida XI Kalsel 2023 sangat mengapresiasi Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel atas berbagai kegiatan kepramukaan yang terus dilaksanakan seperti halnya penyelenggaraan Raimuda Daerah XI Kalsel Tahun 2023 kali ini, yang menjadi bukti atas solidaritas, soliditas dan eksistensi gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan.

Melalui Raimuna Daerah ini, Paman Birin juga mengajak seluruh anggota Pramuka untuk menggali berbagai nilai-nilai positif yang lahir dari berbagai bentuk kegiatan seperti wawasan kepramukaaan, wisata, budaya, permainan, nasionalisme, bela negara dan sebagainya. Mewujudkan setiap kegiatan Kepramukaan sebagai sarana pendidikan untuk melahirkan generasi yang cinta Pancasila, cinta Indonesia, menanamkan kepedulian, kesetiakawanan, dan kegotongroyongan, bahkan menghargai dan mencintai lingkungan.

 

“Buktikan dan tunjukkan kepada masyarakat, kepada rakyat, khususnya di Banua kita tercinta Kalimantan Selatan, bahwa Pramuka adalah sebuah gerakan yang bermanfaat, bernilai positif serta memaksimalkan potensi anak untuk bisa berkembang lebih baik dan lebih maju lagi” tegas Paman Birin yang juga Gubernur Kalimantan Selatan ini, Sabtu (6/4) sore.

 

 

Paman Birin juga berharap, agar Kwarda Kalsel terus menghidupkan Gerakan Pramuka, dengan harapan dapat mewariskan watak dan kepribadian yang berkarakter bangsa Indonesia, memiliki jiwa kepemimpinan, rasa empati, kepedulian dan gotong royong.

 

“Melalui kegiatan pramuka, juga terpancar rasa persaudaraan, kebersamaan dan saling menghormati, serta medan kompetisi dari berbagai lomba, mengajarkan sifat jiwa satria dan sportif, yang semuanya akan menjadi bekal dan pengalaman yang berharga untun mengarungi masa depan yang gemilang” harap Paman saat menjadi Irup Pembukaan Raida XI Kalsel 2023, Sabtu (6/5) Sore.

 

 

Raimuna Daerah XI Kalimantan Selatan Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 6-8 Mei 2023 dengan Perkemahan Utama bertempat di Objek Wisata Kiram Park dengan kegiatan pendukung yang juga dilaksanakan di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

 

Dengan mengangkat tema BAKUT “Berkarakter, Unggul dan Tangguh” Raida XI Kalsel kali ini menggelar berbagai kegiatan diantaranya Tour Activity (Giat Perjalanan dan Wisata), Interest Activity (Giat Materi), Social Activity (Giat Sosial), Know-How Activity (Giat Kecakapan/Keterampilan), Accounstomed Activity (Giat Umum) dengan peserta yang terdiri dari, Pramuka Penegak pandega Putra sebanyak 197 orang, Pramuka Penegak pandega Putri 182 orang, Pembina Pendamping 12 orang, Pimpinan Kontingen Cabang 26 orang, dan Dokter Kontingen Cabang 8 orang. (OEL/PUSINFO)

 

#RaidaXIKalsel2023

#ketemuMANTANdiraidakalsel