Logo
Beranda Berita Single Post

KWARDA DAN PEMPROV KALSEL MANTAPKAN PERSIAPAN KBN TINGKAT NASIONAL

BANJARBARU, KWARDA KALSEL – Bertempat di Ruang Rapat H. Maksid Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat persiapan pelaksanaan Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2023, Selasa (23/5) Pagi. Rapat pemantapan persiapan yang dipimpin Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dengan diwakili oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalsel Roy Rizali Anwar, dihadiri Plt. Asisten II Setda Prov. Kalsel drh. Suparmi, Ketua Kwarda Kalsel yang diwaikili Ketua Harian Agus Salim bersama pengurus Kwarda Kalsel lainnya, perwakilan Dinas Instansi Pemrpov Kalsel, TNI, Polri, dan organisasi pendukung kegiatan lainnya.

 

 

Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2023 ini menurut Ketua Kwarda Kalsel Kak. Hj. Raudatul Jannah Ketua Harian Kak. Agus Salim direncanakan dilaksanakan dari tanggal 10-16 Juli 2023 dengan Main Camp di Kiram Park, Desa Kiram dan Sub Camp Ulin Ground Camp Bukit Tengger Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam, Desa Mandiangin, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

 

“Peserta yang akan hadir diperkirakan berjumlah 1728 orang bersama pendamping, yang merupakan Anggota Pramuka Golongan Penggalang dengan usia 11-15 tahun dan akan mulai berdatangan di Kalimantan Selatan antara tanggal 9-10 Juli 2023” ujar Kak Agus Salim saat pemaparan, Selasa (23/5) Pagi.

 

 

Sementara kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya Eduwisata, Penanaman Tanaman Mangrove, Permainan Tradisonal seperti Engrang, Terompah, Gebuk Bantal, Tarik Tambang, Balogo, Sumpitan, Panahan, Lari Balok, Hadang, Ketapel dan Malam Bhineka Tunggal Ika serta Sehari bersama TNI dan Polri. Untuk lebih menggugah dan meningkatkan semangat Bela Negara dan Cinta Tanah Air, setiap awal kegiatan di pagi hari dan akhir kegiatan pada malam hari, akan dimulai dan ditutup oleh bunyi terompet dan mars bela negara serta lagu-lagu perjuangan, tambah Kak Agussalim.

 

 

Setelah mendengar pemaparan dari Kwarda Kalsel beserta Dinas dan Instansi di Provinsi Kalimantan Selatan serta TNI dan Polri, TVRI dan RRI Kalsel dan organisasi pendukung lainnya, Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar berharap agar seluruh persiapan ini benar-benar matang mulai dari sarana dan prasarana hingga pelayanan kepada peserta.

 

LO (Liaison Officer) akan menjadi tanggung jawab masing-masing SKPD, dan mari kita memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua peserta pada kegiatan ini” pesan Roy Rizali Anwar saat memberikan arahannya, Selasa (23/5) siang. (Oellah/Pusinfo Kwarda Kalsel)