Logo
Beranda Berita Single Post

WAKTU PELAKSANAAN SEMAKIN DEKAT, PERSIAPAN KBN TERUS BERLANGSUNG

PELAIHARI, KWARDA KALSEL – Waktu pelaksanaan kegiatan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023 tinggal menghitung hari, berbagai persiapan terus dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana. Seperti yang terlihat pada subcam Mangrove dan Pantai Takisung di Kabupaten Tanah Laut (Tala), dimana persiapan yang dilakukan tidak tanggung-tanggung, mulai dipimpin secara langsung Sekretaris Daerah Kab. Tala yang juga  Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kak. Kwarcab) Tala hingga menggunakan beberapa peralatan berat dalam menyiapkan lahan untuk kegiatan di sub camp ini.

 

 

 

Rencananya Pantai Takisung ini akan mengexplor berbagai kegiatan Wisata bagi peseta KBN Nasional 2023, sementara Mangrove di Pagatan Besar akan menjadi kegiatan penghijauan, dengan menanam ribuan pohon mangrove yang selain berperan untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan pesisir, juga menjadi salah satu penopang pemanasan dari air laut.

 

  

 

 

Selain itu persiapan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam sebagai sub camp dan Kiram Park sebagai Main Camp juga berlangsung seperti yang diharapkan, mulai pembuatan toilet dan berbagai sarana dan prasaran lainnya. Kegiatan persiapan acara seremonial pembukaan KBN pun juga dilaksanakan, mulai dari seleksi dan latihan petugas upacara, hingga pematangan skenario kegiatan dari awal kedatangan dan hingga kepulangan peserta pun direncanakan dengan cermat.

 

 

Tentunya semua pihak terutama panitia pelaksana berharap, kegiatan event nasional ini dapat berlangsung dengan sukses, dan menjadi role model pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan kepramukaan baik di daerah Kalimantan Selatan sendiri maupun pada daerah-daerah lainnya. (oellah-Pusinfoda)