Logo
Beranda Berita Single Post

SEJARAH KALSEL INSPIRASI KEMAH BELA NEGARA

KIRAM, KWARDA KALSEL – Penyelenggaraan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023 terinspirasi dari sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Selatan (Kalsel) dibawah pimpinan Gubernur Tentara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Pertahanan Kalimantan Brigadir Jenderal (Brigjend) H. Hasan Basry yang menyatakan kesetiaan untuk menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Proklamasi 17 Mei 1949.

 

 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka (Mabida) Kalimantan Selatan (Kalsel) Kak. H. Sahbirin Noor saat memberikan sepatah kata pada kegiatan Ramah Tamah, Senin (10/7) malam di Aula Wasak (Waja Sampai Kaputing), Kiram, Banjar, Kalsel. Selain mengucapkan selamat datang di Kiram parKak H Sahbirin Noor yang juga biasa dipanggil Paman Birin ini juga mengajak semua pihak untuk membela NKRI dengan merawat bangs aini dari menghindari permusuhan dan perpecahan, menghidari penyalahgunaan dan peredaran narkoba, serta kerusakan lingkungan.

 

 

 

 

“mari kita bergerak membela NKRI dalam dimensi yang seluas-luasnya. Siapapun kita, apapun profesi kita, dimana pun kita berada, kesempatan bela negara ini selalu ada. Karena bela negara saat ini bukan dimedan pertempuran, tapi ada dimana-mana. Mudah-mudahan, kita mampu melakukan bela negara untuk bangsa ini. Kita rawat bangs aini dari permusuhan dan perpecahan. Rawat bangsa ini dari penyebaran narkoba. Rawat bangs aini dari kerusakan lingkungan. Tanamkanlah dalam jiwa dan raga seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda kita, agar mereka cinta Pancasila, cinta persatuan cinta persaudaraan dan cinta perdamaian” ajak Kakak yang merupakan suami dari Kak Kwarda Kalsel Hj. Raudatul Jannah, S.KM. M.Kes.

 

 

 

Nampak hadir pada kegiatan Ramah Tamah yang juga bagian dari penyelenggaraan KBN Tingkat Nasional Tahun 2023 tersebut Tim Asistensi KBN Tingkat Nasional yang dipimpin Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional (Kwarnas) Kak  Bachtiar Utomo, Wakil Ketua Kwarnas (Waka Kwarnas) / Ketua Komisi Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kak Djoko Mursitho, Waka Kwarnas / Ketua Komisi Bela Negara Kak Hasto Pratisno, Waka Kwarnas / Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda Kak Budi Prayitno beserta Andalan Nasional diantaranya Kak Deden Syefrudin, Kak Taufiq Qurochman, Kak Mohamad Zarkasih, Kak Sukma Widya, Kak Topari, Ka Ganet, Kak Ragiel, Kak Saiko, dan Kak Henny. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel selaku Anggota Mabida Kalsel, Ketua dan Pengurus Kwartir Daerah, Kalsel, para Kak Kwarda yang berpertisipasi pada KBN Tingkat Nasional tahun 2023 atau yang mewakili, para Ketua Mabicab dan Kak Kwarcab Se Kalimantan Selatan, serta para Pinkonda, Pinkoncab dan Pembina pendamping se Kalsel. Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan cindera mata atau kenang-kenangan oleh Kak Mabida Kalsel Kepada Sekjen Kwarnas, Kak Kwarda atau Pinkonda serta Pinkoncab Se Kalimantan Selatan. (HumproKBN2023-Pusinfoda)