Logo
Beranda Berita Single Post

KAK MABIDA BUKA KEMAH BELA NEGARA NASIONAL 2023

KIRAM, KWARDA KALSEL – Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, secara resmi telah dibuka. Pembukaan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Mayjen TNI (Purn) Dr Bachtiar dengan didampingi oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Mabida) Kak Sahbirin Noor dan Ketua Kwarda Kalsel Kak Hj Raudatul Jannah. Pembukaan yang dilaksanakan malam hari ini, selain dihadiri Para Pimpinan dan Andalan Kwarnas, juga dihadiri Forkopimda dan Kepala SKPD Pemprov. Kalsel selaku Anggota Mabida Kalsel, Kak Kwarda maupun Pinkonda, Kak Mabicab dan Kak Kwarcab Se Kalsel, serta seluruh Pramuka Penggalang peserta KBN Tingkat Nasional Tahun 2023, Senin (10/7/2023).

 

 

Ketua Kwarda Kalsel Kak Hj Raudatul Jannah, selaku panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan, kegiatan Kemah Bela Negara tingkat Nasional Tahun 2023 yang disingkat dengan KBN Tingkat Nasional Tahun 2023 ini mengusung tema "Bergerak Membela NKRI". KBN Nasional yang diikuti oleh 18 Kwarda dari 34 Kwarda yang ada di Indonesia akan berlangsung dari tanggal 10-16 Juli tahun 2023, pada lima lokasi, yaitu pertama Kiram sebagai main camp atau perkemahan utama, kedua di Tahura Sultan Adam sebagai subcamp, ketiga ekowisata mangrove di Kabupaten Tanah Laut, keempat Kota Banjarbaru, dan kelima Kota Banjarmasin.

 

 

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan wadah pembinaan dan pendidikan bagi Pramuka Penggalang guna penanaman sikap perilaku bela negara, sebagai kelanjutan dari pendidikan pendahulu bela negara yang akan dibagi dalam delapan kelompok kegiatan. "Antara lain kegiatan umum, kegiatan khusus, kegiatan wisata, kegiatan bela negara, kegiatan bakti masyarakat, kegiatan permainan tradisional, kegiatan kompetitif, dan kegiatan binawasa," katanya.

 

 

 

Ribuan Pramuka Penggalang yang menjadi peserta KBN Tingkat Nasional Tahun 2023 kali ini berasal dari Kwarda Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Tuan Rumah Kalimantan Selatan.

 

Ketua Majelis Pembimbing Kwarda Kalsel yang juga Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso, menyampaikan ucapan terima kasih dan memanjatkan puji syukur atas terselenggaranya KBN Tingkat Nasional Tahun 2023 ini.

 

"Kita memang patut merasa bersyukur dengan adanya Kemah Bela Negara Tahun 2023. Perkemahan ini awalnya tidak masuk dalam Program Kerja Kwartir Nasional di tahun anggaran 2023. Meskipun demikian, dengan semangat dan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, kegiatan ini akhirnya dapat dilaksanakan," sampai Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutan tertulis tersebut.

 

 

Lebih lanjut, di tengah rasa syukur tersebut, Ketua Kwarnas juga ingin tetap mengingatkan perlunya untuk selalu melaksanakan kegiatan dengan baik, aman, nyaman dan menyenangkan. Hal ini, tentu dimaksudkan agar semua pihak yang terlibat tetap dalam kondisi tubuh yang sehat secara jasmani maupun rohani.

 

Tema dari kegiatan Kemah Bela Negara Tingkat Nasional ini adalah "Bergerak Membela NKRI". Pemilihan tema ini sungguh tepat, dengan melihat begitu banyaknya pengaruh budaya asing yang menginfiltrasi Indonesia melalui berbagai cara. Budaya asing ini sedikit banyak dapat mengubah jiwa, perilaku dan budi pekerti masyarakat Indonesia. Budaya asing juga dikhawatirkan dapat melupakan sikap luhur bangsa Indonesia yang sopan santun, saling bergotong royong, menghormati orangtua, bersikap toleransi pada sesama tanpa membedakan suku, agama, ras dan perbedaan lainnya sebagaimana dinyatakan dalam slogan "Bhinneka Tunggal Ika", berbeda-beda tapi satu tujuan.

 

Budaya yang bersifat negatif lainnya seperti penyebarluasan kabar bohong, ujaran kebencian, perilaku seks bebas, ketergantungan pada narkotika dan obat terlarang, serta timbulnya berbagai aksi kriminalitas, termasuk tawuran antar remaja, merupakan hal yang kini semakin banyak terjadi.

 

"Oleh karena itu, kita semua harus bergandeng tangan, bahu-membahu, bergerak bersama membela Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui cara dan kemampuan kita masing- masing, jelasnya.

 

 

Ketua Kwarnas berpesan, kepada adik-adik remaja, bahwa membela NKRI dapat diwujudkan dengan sikap menghormati orangtua, saling menghargai sesama, dan tidak melakukan hal-hal negatif seperti terlibat dalam seks bebas, terjerumus pada jerat narkoba maupun aksi-aksi kriminalitas lainnya.

 

Sementara, kakak-kakak Pembina Pramuka harus mampu membina para peserta didiknya untuk menjauhi semua hal buruk tersebut, dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat demi kemajuan diri para peserta didik itu sendiri maupun kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara secara keseluruhan.

 

 

"Mari kita manfaatkan Kemah Bela Negara ini sebagai wadah untuk menjalin persatuan dan kesatuan di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Mari kita selalu berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk menerapkan Kode Kehormatan Pramuka, berupa Satya dan Darma Pramuka. Jadikan Satya dan Darma Pramuka benar-benar terwujud dalam kehidupan kita semua, bukan hanya sekedar lancar dihafal saja," ajaknya.

 

Para peserta, diminta pula memanfaatkan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang tentu berguna bagi perjalanan hidup. Upayakan untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik, dengan tetap mencintai alam dan mengasihi sesama manusia. Ikuti program kegiatan yang telah disusun dengan hati yang gembira dan penuh semangat. "Mari kita sama- sama terus bergerak dan bergandeng tangan membela NKRI tercinta.

 

 

Terima kasih juga disampaikan Ketua Kwarnas kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,  Kakak Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah, Kak Muhidin, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah, serta seluruh jajaran Pemerintah baik di tingkat Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten dan Kotamadya di wilayah Kalimantan Selatan.

 

Tidak lupa juga kepada, pimpinan TNI dan Polri, baik di tingkat pusat maupun di daerah yang telah membantu mendukung Kemah Bela Negara ini, Kak Raudatul Jannah, Ketua Kwartir Daerah dan seluruh jajaran pengurus Kwarda Kalimantan Selatan, Majelis Pembimbing Cabang dan Kwartir Cabang se-Kalimantan Selatan, panitia penyelenggara dan pelaksana, serta semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. (HumproKBN2023-Pusinfoda)