Logo
Beranda Berita Single Post

KEMAH BELA NEGARA LUAR BIASA DAN MANTAP

KIRAM, KWARDA KALSEL – Kiranya kata-kata tersebut yang dapat mewakilai berbagai kegiatan dan pelayanan telah dilakukan oleh oleh panitia penyelenggara dan pelaksana di Kalimantan Selatan yang dengan semangat kuat melayani seluruh pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023. Memberikan pelayanan dan sebagai tuan rumah yang baik adalah target utama yang diharapkan dapat membuat kesan yang tidak terlupakan terhadap pelaksanaan KBN Tingkat Nasional Tahun 2023 ini.

 

“Kemah Bela Negara ini saya pikir sangat luar biasa sekali ya, pelayanannya luar biasa, cukup baik, cukup bagus, kemudian kita dibuat nyaman. Kalau ada sedikit kekurangan itu biasa, karena kita ini pelayanan orang banyak ya, namun untuk kegiatannya oke dan kita merasa senang, aman, nyaman” ujar Kak Sunarti dari Kontingen Daerah (Konda) Lampung, Jum’at (14/7) Siang.

 

“Sangat banget ya, karena mendapat pengalaman yang luar biasa, kami mengikuti kegiatan seperti ini. Pokoknya seru, banyak pengalaman, banyak wawasan yang kami terima dari Kalimantan Selatan terutama budaya-budayanya” ucap Kak Suci dari Konda DKI Jakarta.

 

“untuk kegiatannya dari kita datang sangat luar biasa, terutama saat sistem rotasi kegiatan antara Putera dan Puteri yang terpisah tentunya akan kami adopsi untuk kegiatan kami didaerah nanti” kata Kak Sri Mulyani selaku Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Nusa Tenggara Barat.

 

Senada dengan hal tersebut, Kak Astria yang biasa dipanggil Kak Nova dari Konda Gorontalo yang merasa aman saat membawa peserta karena benar-benar terpisahnya kegiatan Putera dan Puteri. “Kemah Bela Negara kali ini manajemen waktunya itu bagus, dan yang lebih mengesankannya itu selama kegiatan puteri dan putera dipisahkan, dimana Putera dengan kegiatan Putera dan Puteri dengan kegiatannya Puteri sendiri, sehingga kami tidak khawatir untuk melepas peserta didik kami kepada Kakak-Kakak Panitia yang sangat- hebat” tuturnya.

 

Setidaknya dari ketiga perwakilan Konda dari berbagai pulau yang berbeda ini tentunya dapat mewakili kesan dan pesan dari 17 Kwartir Daerah di Indonesia yang mengikuti Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2023 di Kalimantan Selatan. Para peserta juga berharap, meskipun bukan program dari Kwarnas, kegiatan KBN di Kalimantan Selatan ini menjadi contoh atau pun role model kegiatan KBN di tahun-tahun berikutnya dan tetap terlaksana di salah satu Kwarda yang ada di Indonesia seperti yang disampaikan Kak Rani Astria dari Pembina Pendamping (Bindam) dari Konda Kalimantan Barat.

 

“sangat suka dengan KBN ini, karena kegiatan ini memperkenalkan kepada adik-adik kita bagaimana cara mempertahankan NKRI, materi-materi dikegiatannya sangat pas pada posisinya masing-masing. Dan perjalanan kami kesini wow sangat karena perjalanan selama 2 hari 2 malam. Dan kami berharap Kemah Bela Negara ini tetap berlangsung ditahun-tahun berikutnya, meskipun bukan program resmi dari Kwarnas. Dan Kwarda yang menjadi pelaksana memang benar-benar yang pas spotnya untuk kegiatan Kemah Bela Negara ini” harapnya. (humproKBN2023-Pusinfoda)