Logo
Beranda Berita Single Post

LANDASI ESC DENGAN KODE KEHORMATAN PRAMUKA

AMUNTAI, KWARDA - Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Kak. Hj. Raudatul Jannah melalui Ketua Harian Kak Agussalim, S.Sos saat memberikan arahan pada Pembukaan Enforcement Scout Competition (ESC) Tingkat Penegak Se Banua Enam di Halaman Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai, Sabtu (19/8) Siang.

 

 

"peserta dan panitia diharapkan dapat melandasi kegiatan dengan Kode Kehormatan yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma, mengutamakan kejujuran, kebenaran dan sportivitas. Melaksanakan kegiatan dengan sistem among dan prinsip-prinsip dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan dalam hal ini satuan sangga penegak, serta gunakan istilah berprestasi bagi sangga yang mencapai skor nilai tertinggi nantinya." ujar Kak Agussalim.

 

 

Pada kesempatan itu ia juga mengajak setiap anggota pramuka untuk bersama-sama mengobarkan kembali api semnagat Pramuka, dan meniru semangat yang dimiliki Bapak Pandu Dunia Baden Powell yang juga mengajarkan cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dengan cara yang cukup sederhana seperti ikut serta menanam pohon, merawat dan rajin menyiraminya, serta membuang sampah pada tempatnya. Menghormati orang yang lebih tua dan saying kepada yang lebih muda.

 

 

Selain itu ia juga menekankan kepada setiap anggota Pramuka untuk mengikuti kegiatan Program WOSM yaitu Safe Form Harm, yang diterjemahkan menjadi salah satu Program Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yaitu Program Perlindungan Bagi Anggota Gerakan Pramuka yang bertujuan untuk melindungi setiap anggota Gerakan Pramuka dari perudungan (bullying) dan perlindungan lainnya dari kekerasan fisik dan verbal, hingga pelecehan seksual, pengabaian dan penelantaran.

 

 

“Program Perlindungan Bagi Anggota Gerakan Pramuka  ini dapat dimulai dari diri kita, para pembina, panitia, dan seluruh peserta ESC tahun 2023 dengan mengutamakan kesantunan dalam berkata dan bertindak selama mengikuti perlombaan” tegas Ketua Harian Kwarda Kalsel.

 

 

ESC yang diadakan dalam rangka memeriahkan ulang tahun Gugus Depan Hulu Sungai Utara 115-001/115-002 dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarda Kalsel melalui Ketua Harian Kak. Agussallim, dihadiri Angota DPRD HSU Dra. Hj. Norhananiah, Ketua dan Andalan Kwartir Cabang HSU, Ketua dan Pengurus Kwarran Se HSU serta para pembina dan peserta ESC dari Kwarcab HSU maupun Kwarcab se Banua Enam. Kegiatan ESC sendiri akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 19-20 Agustus 2023. (Pusinfoda-Oellah)