Logo
Beranda Berita Single Post

KWARDA KALSEL PERINGATI HARI PRAMUKA KE-62 TAHUN 2023

PELAIHARI, KWARDA – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023 Tingkat Kwartir Daerah Kalimantan Selatan di Bumi Tuntung Pandang Kabupaten Tanah Laut (Tala), Sabtu (2/9) Pagi. Upacara yang dipimpin langsung Gubernur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka (Ka Mabida) Kalsel Kak H. Sahbirin Noor atau Paman Birin.

 

 

Sebelum menjadi Inspektur Upacara, kedatangan Paman Birin disambut dengan ucapan Selamat Datang yang disampaikan dengan Semaphore dan Tarian Kuda Gepang serta penampilan silat oleh adik-adik anggota Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Tala. Upacara yang dihadiri unsur Mabida dan Pengurus serta Badan Integral Kwarda Kalsel, Perwakilan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab) dan Pengurus serta Badan Integral Kwarcab Se-Kalsel, Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka (Mabiran) dan Pengurus dan Badan Integral Kwaran di Kalsel, serta diikuti oleh ratusan anggota pramuka di kabupaten Tala maupun di Kalimantan Selatan.

 

 

Undangan dan para peserta yang hadir pada Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Kwarda Kalsel tersebut sempat dibuat takjub dan kagum, pasalnya pemimpin upacara tidak datang berjalan atau lari seperti biasanya, namun datang dari atas rumah pohon yang turun menggunakan flying fox. Aksi tersebut pun lantas mendapat apresiasi dari Gubernur dan Komandan Korem 101, mereka pun lantas sepakat, saat pemotongan tumpeng pada penutup rangakaian kegiatan, setelah menyerahkan potongan tumpeng pertama kepada Ketua Kwarda Kalsel, Paman Birin menyerahkan potongan tumpeng kedua kepada pemimpin upacara.

 

 

 

Pada Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Kwarda Kalsel yang dimeriahkan juga dengan Tari Kolosal yang menyajikan cuplikan Tarian Nusantara dan diakhiri dengan penyerahan Kelapa Jelly kepada para tamu dan undangan VVIP, selain membacakan Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuaka (Ka Kwarnas), Gubernur selaku Ka Mabida turut mengkalungkan Lencana Melati kepada Ka Kwarda Kalsel Kak Hj. Raudatul Janah, S.KM. M.Kes. kemudian dilanjutkan berturut-turut kepada Kak. Karyono Ibnu Ahmad, Wakil Ketua Kwarda Kalsel Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Sekretaris I Kwarda Kalsel Kak Bakhtiar serta Kak Syamsuri Arsyad atau Kak Cu’I yang merupakan Ketua Kwarcab Hulu Sungai Selatan (HSS), dimana menurut Kwarnas keempat orang tersebut telah memberikan jasa pada perkembangan Gerakan Pramuka di wilayahnya masing-masing.

 

 

Secara simbolis juga disematkan Lencana Panca Warsa (LPW) kepada 9 orang yaitu anggota dewasa Gerakan Pramuka yang mewakili 94 penerima LPW di Kalsel atas pengabdian setiap kelipatan 5 (lima) tahun, LPW tersebut disematkan kepada Kak Drs. H. Dahnial Kipli, M.AP. Ketua Kwarcab Tala, Kak. Dr. Ir. H. Arifin Noor, MT. Ketua Kwarcab Banjarmasin, Kak Asniah, S.Pd. M.Pd. dari Kwarcab Tabalong, Kak Didik Bintoro dari Kwarcab Banjarmasin, Kak Isnu Wahyono, M.Pd. dari Kwarcab Banjar, Kak Dr. H. Sakerani, M.Pd. dari Kwarcab Banjarmasin, Kak Sa’diyatul Febriyati, S.Pd. dari Kwarcab Barito Kuala, Akhmad Riandiedari Kwarcab HSS, Kak Isnaini, S.Pd. dari Kwarcab HST, dan terakhir kepada Kak Serka Komaidi dari Kwarda Kalsel.

 

 

Seperti biasanya, Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Kwarda Kalsel juga diisi dengan Pengucapan Pancasila , UUD 1945, Dasa Darma Pramuka dan Dwi Darma Pramuka serta Menyanyikan Hymne Satya Dharma Pramuka, Mars Jayalah Pramuka dan Mars Bergerak. (Oellah-Pusinfoda)