Logo
Beranda Berita Single Post

SDM YANG PROFESIONAL DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN PENTING BAGI GERAKAN PRAMUKA

PELAIHARI, KWARDA – Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka (Kak Mabida) Kalsel saat membacakan Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kak Kwarnas) Komjen (Pol) Drs. H. Budi Waseso pada Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Kwartir Daerah Kalsel di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut (Tala), Sabtu (2/9) Siang.

 

 

“mencermati Sumber Daya Manusia (SDM) kita yang ada sekarang ini, masih jauh dari yang diharapkan. disamping itu Wawasan Kebangsaan juga menjadi bagian penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan Semangat Bela Negara. Terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik, sehingga perlu ditekankan persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka  harus tetap solid, dan menjaga persatuan dan kesatuan. Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi Garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan” ucap Paman Birin.

 

“Harus diakui, jumlah Sumber Daya Manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat teÖatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan. Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugusdepan-Gugusdepan Pramuka di mana pun berada. Untuk itu, saya berharap bahwa Kwartir di semua tingkatan ham9 dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugusdepan yang berada di wilayah masing-masing.” tambah suami dari Kak Kwarda Kalsel ini.

 

 

Ia juga menambahkan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman. Tentu harapan kita agar melalui perbaikan Undang-Undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan Gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya, ia juga  mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, para     Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, semua pejabat negara di tingkat pusat, para  Gubemur, Walikota, Bupati dan Camat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah, Majelis Pembimbing Cabang dan Majelis Pembimbing Ranting, para Pembina Gugusdepan dan semua pihak yang telah turut serta membantu mengembangkan Gerakan Pramuka sehingga dapat lebih baik dan maju. Khusus kepada para Ketua, Wakil Ketua dan anggota Majelis Pembimbing di semua tingkatan, ia berharap kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka.

 

 

Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Kwarda Kalsel di Kabupaten Tala yang berlangsung hikmad ini dihadiri dan diikuti oleh unsur Mabida, Pengurus dan Badan Integral Kwarda Kalsel, Mabicab serta Pengurus dan Badan Integral Kwarcab Se-Kalsel. Peringatan juga dimeriahkan dengan Tari Kolosal yang menyajikan kolaborasi Tarian Nusantara serta Semaphore, dan penyerahan  Kelapa Jelly dari Peserta Didik Pramuka Tanah Laut kepada Paman Birin, Danrem 101 Antasari dan Ketua Kwarda Kalsel Kak. Raudatul Janah serta para Tamu dan Undangan VVIP. (Oellah-Pusinfoda)