Logo
Beranda Berita Single Post

BERSAMA UTD RSPB DAN PMI, KWARCAB HSU LAKSANAKAN DONOR DARAH

AMUNTAI, KWARCAB 16.09 – Selain melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Cabang HSU, Kwatir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Hulu Sungai Utara (HSU) dalam memeriahkan Hari Pramuka Ke-62 juga menggelar kegiatan bakti Donor Darah  di Studio Dinas Kominfosandi yang berada dalam komplek Kantor Bupati HSU, pada Sabtu (23/9) Pagi.

 

 

Kegiatan bakti donor darah yang merupakan Kerjasama Kwarcab HSU melalui Satuan Tugas Pramuka Peduli dengan Palang Merah Indonesia (PMI) HSU dan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Pembalah Batung Amuntai ini, merupakan salah satu bagian dari Gerakan Nasional Pengumpulan 1000 Kantong Darah bagi Palang Merah Indonesia oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 

 

 

Dari belasan calon pendonor darah yang berminat dan mendaftar untuk mengikuti kegiatan bakti, baik dari anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat HSU, hanya didapati enam orang yang memenuhi sayart dapat melakukan donor darah. Dalam kegiatan bakti donor darah tersebut didapat enam kantong darah dengan rincian, golongan darah “B” sebanyak empat kantong dan sebanyak dua kantong darah untuk golongan darah “O”.  Dan setelah melakukan donor darah, para pendonot diberikan bingkisan berupa suplemen dan vitamin penambah darah, susu steril, bubur kacang hijau dan telur untuk mempercepat proses pergantian darah bagi pendonor.

 

 

 

Donor darah ini menurut Jumadi, S.AP. MT merupakan wujud nyata bakti Gerakan Pramuka kepada masyarakat yang membutuhkan selain kegiatan-kegiatan bakti lainnya seperti pramuka menolong yang melakukan pengamanan dan pengaturan jalan longsor di Desa Sungai Turak, Amuntai Utara, kegiatan pembantuan personil dalam Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 yang juga dirangkai keikutsertaan Gerakan Pramuka pada Upacara Penetapan Waktu (Taptu), Ulang Janji dan Renungan Suci. (oellah-WKV16.09)