Logo
Beranda Berita Single Post

MARI LAKSANAKAN PROGRAM "SAFE FROM HARM"

BANJARMASIN, KWARDA – Ajakan tersebut disampaikan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj. Raudatul Jannah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kwarda Kalsel Kak Karyono Ibnu Ahmad saat menutup secara resmi Latihan Gabungan Daerah (Latgabda) Pramuka Perguruan Tinggi VIII dan Penegak Se Kalsel Tahun 2023 yang diselenggarakan Racana Hasanudin HM dan Ratu Zaleha Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Area Open Space Kampus ULM, Kayutangi, Kota Banjarmasin. Minggu (1/10) Sore.

 

 

Safe From Harm ini sendiri merupakan program WOSM dan ditindak lanjuti oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) dengan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Kwarnas Nomor 04 Tahun 2021 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Perlindungan Bagi Anggota Gerakan Pramuka. Dalam SK terebut setiap anggota pramuka mendapat perlindungan dari Tindakan Perudungan (bullying), Pelecehan Seksual, Penyalahgunaan Wewenang dan Jabatan, Kekerasan Fisik, Kekerasan Verbal serta Pengabaian atau Penelantaran.

 

“mari bersama kita laksanakan Program WOSM yaitu Safe From Harm. Program tersebut merupakan program perlindungan bagi anggota Gerakan pramuka terhadap Perudungan (bullying), termasuk Perudungan Sosial Media, Pelecehan Seksual, Kekerasan Fisik, Kekerasan Verbal dan Pengabaian atau Penelantaran.” Ajak Ka. Kwarda melalui Kak Karyono, Minggu (1/10) Sore.

 

 

Selain mengajak melaksanakan program Safe Form Harm, Ka.Kwarda juga menyampaikan ucapan selamt dan sukses atas terlaksananya kegiatan Latgabda Pramuka Perguruan Tinggi VIII dan Penegak Se-Kalsel Tahun 2023 yang diselenggarakan Pramuka ULM dari Racana Hasaunddin HM dan Ratu Zaleha dan menjadi kegiatan yang dapat membangun jiwa yang kuat dan semangat juang yang tinggi untuk melanjutkan Pembangunan bangsa.

 

“atas nama pribadi dan Kwarda Kalsel saya mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya Latihan Gabungan Daerah Pramuka Perguruan Tinggi  VIII dan Penegak Se-Kalimantan Selatan Tahun 2023. Semoga Latihan Gabungan Daerah ini sesuai dengan harfiahnya, betul-betul bisa membangun jiwa yang kuat dan terang, meningkatkan semangat juang yang tinggi dan semangat berkarya di antara keluarga besar Pramuka. Sekaligus membentuk energi positif untuk kitab isa melangkah ke depan, melanjutkan Pembangunan bangsa” ucapnya melalui Waka Binawasa.

 

 

 

 

Pada kesempatan tersebut, Kak Karyono bersama Kak Komaidi juga berkesempatan menyerahkan Piala dan Piagam Penghargaan kepada pemenang dari berbagai kegiatan lomba yang dilaksanakan.

 

 

Latgabda Pramuka Perguruan Tinggi VIII dan Penegak Se-Kalsel Tahun 2023 yang pada pembukaannya juga dihadiri Ka. Kwarda melalui Wakil Ketua Kwarda Bidang Hubungan Masyarakat Kak Berkatullah, diikuti oleh 5 Pangkalan Gudep Perguruan Tinggi dan 14 Pangkalan Gudep Penegak yang terdiri dari 264 pramuka penegak, 64 pramuka pandega 35 pembina pendamping, dan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023. (Dodi/Oellah-PusinfodaKalsel)