Logo
Beranda Berita Single Post

WORKSHOP PUSINFO WADAH MENIMBA ILMU DAN INFORMASI

BANJARMASIN, KWARDA – Harapan tersebut disampaikan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) saat memberikan kata sambutan yang dibacakan Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika Kwarda Kalsel Kak Berkatullah pada Pembukaan Workshop Pusat Informasi (Pusinfo) Se-Kalimantan Selatan pada Sabtu (7/10) pagi di Aula Gedung Kwarda Kalsel, Jalan Mulawarman Nomor 1 Banjarmasin.

 

 

Selain memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Workshop Pusinfo yang dilaksanakan oleh Pusinfo Kwarda Kalsel, Ketua Kwarda Kalsel juga menyampaikan bahwa keterbukaan informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang sebagai pengembangan prribadi dan lingkungan sosialnya serta memrupakan bagain penting bagi ketahanan nasional.

 

“Hak untuk memperoleh informasi untuk mengembangkan diri merupakan  salah satu hak asasi manusia, dan keterbukakan infromasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kekdaaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik” ujar Kak Kwarda Kalsel.

 

Ia juga mengingatkan akan pentingnya arti dari keterbukan informasi dan dampaknya terhadap transparansi dan akuntabilitas Gerakan Pramuka khususnya di Kalimantan Selatan serta mempedomani 5 (lima) azas, yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Kondisiopnal, Partisipatif dan Kesamaan Hak.

 

 

“Kwartir Daerah Kalimantan Selatan meminta kepada peserta untuk menyampaikan pentingnya arti dari keterbukan informasi dan dampaknya terhadap transparansi dan akuntabilitas Gerakan Pramuka khususnya di Kalsel  sehingga para peserta agar mengikuti acara workshop ini dengan sungguh-sungguh, dan bagi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) yang belum membentuk Pusinfo agar segera membentuk Pusinfo Cabang, serta kepada Pusinfo Kkwarda Kalsel agar tetap melaksanakan kegiatan pelatihan seperti ini pada tahun-tahun berikutnya, selain sebagai sarana pembelajaran, juga sekaligus ajang silaturahmi serta koordinasi Pusinfo Kwarcab Se Kalsel dan Punsfo Kwarda Kalsel” ucap Kak Odah yang disampaikan oleh Kak Berkatullah.

 

Setelah memberikan sambutan, Waka Humas dan Informatika Kak Berkatulah bersama Sekretaris Kak Bachtiar dan Kapusinfo Kwarda Kalsel yang diwakili Sub Bagian Penyebarluasan Informasi Kak Ahmad Khairullah berkesempatan mengalungkan tanda peserta, menyerahkan tas dan kaos kegiatan kepada perwakilan peserta.

 

 

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh puluhan peserta perwakilan bidang humas dan pusinfo Kwarcab Se Kalsel serta DKD dan Satgas Pramuka Peduli Kwarda Kalsel, dan diharapkan dapat memberikan manfaat dan berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk mempersiapkan diri untuk mampu terlibat aktif dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. (Oellah-PusinfodaKalsel)