Logo
Beranda Berita Single Post

KAK KWARDA KALSEL LANTIK MABICAB TAPIN

RANTAU, KWARDA – Kamis (26/10) Pagi, bertempat di Pendopo Galuh Bastari, Rantau Baru, Tapin. Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Kak. Hj. Raudatul Jannah yang diwakili Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum (Waka Orgakum) Kwarda Kalsel Kak. H. M. Rusli, melantik dan mengukuhkan secara resmi Bupati Tapin selaku Ketua beserta Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab) Tapin Masa Bakti 2023-2028.

 

Pelantikan Mabicab Tapin Masa Bakti 2023-2028 ini selain dihadiri oleh Ketua dan Pengurus Mabicab, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tapin, Kepala Badan, Dinas, Kantor di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin, juga dihadiri undangan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi yang ada di Kabupaten Tapin serta anggota Gerakan Pramuka di Kwarcab Tapin.

 

Bupati Tapin yang saat ini dijabat oleh Penjabat Bupati Tapin H. Syarifuddin, M.Pd. resmi dilantik selaku Ketua Mabicab beserta Wakil Bupati, Komandan Kodim 1010 Tapin, Kepala Kepolisian Resort Tapin, Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin slaku pengurus Mabicab Tapin berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan Nomor 55 Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Ketua Kwarda Kalsel Kak. Hj. Raudatul Jannah.

 

Kak Kwarda Kalsel Kak. Hj. Raudatul Jannah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Waka Orgakum Kwarda Kalsel Kak. H. M. Rusli selain mengucapkan terima kasih atas kinerja yang sudah dilakukan oleh kepengurusan yang terdahulu, serta mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan yang baru. Ia juga mengingatkan bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan ikut serta Membangun Masyarakat“. Di samping itu, tujuan mulia Pendidikan Kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, merupakan modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti.

 

“Untuk itu, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir cabang yang sistematis, terencana dan berkelanjutan. Saya berharap dengan pelantikan ini merupakan upaya memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang” ujar Kak Kwarda melalui Kak. H.M. Rusli.

 

Ia juga menyampaikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan secara seksama, yaitu yang pertama program pencapaian Pramuka Garuda termasuk sistem pembinaannya, yang perlu diwujudkan bersama oleh seluruh elemen Gerakan Pramuka mulai dari kwartir hingga gugus depan, Kedua, dalam rangka mewujudkan Sistem Informasi Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan yang terintegrasi di tingkat kwartir sampai dengan gugus depan, saya berharap agar dapat didukung oleh semua elemen Gerakan Pramuka. Ketiga, Korps Pelatih Kwarcab Tapin agar dapat mendukung Program WOSM (Organisasi Kepanduan Dunia) terutama tentang Safe From Harm. Program tersebut merupakan Program Perlindungan Bagi Anggota Gerakan Pramuka terhadap Perundungan (bullying), Pelecehan Seksual, Kekerasan Fisik, Kekerasan Verbal dan Pengabaian atau Penelantaran.

 

“Lima tahun bukanlah jangka waktu yang pendek, pepatah mengatakan tidak ada gading yang tak retak, tentunya masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi dalam kepengurusan yang lalu, sekaligus tidak sedikit kemajuan yang telah diperoleh, sehingga ini perlu dilanjutkan dan dikembangkan lagi pada kepengurusan sekarang” pesan Kak kwrada Kalsel.

 

Selain melantik kepengurusan Mabicab tapin Masa Bakti 2023-2028, Kak Kwarda yang diwakili Waka Orgakum Kak. H. M. Rusli yang hadir bersama Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Waka Abdimasgana) Kak. Achmadi, Wakil Ketua Bidang Badan Usaha Milik Gerakan Pramuka dan Aset (Waka BUMGP dan Aset) Kak. Hj. Siti Nuriyani, Sekretaris Kwarda Kalsel Kak. Bakhtiar, Bendahara III Kwarda Kalsel Kak. Hj. Yuria Wati Zae Rose, Andalan Urusan Bina Muda Kak. Nur Armina Rahmah, Anggota DKD Kalsel Dimas Arya Prayoga, dan Agustina Anggota Satga Pramuka Peduli Kalse, serta Staf Kwarda Kalsel Kak Faridawti, Romy El Nazar dan Dody Hertanto juga menghadiri dan menyaksikan Pelantikan Ketua dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) dan Ketua dan Pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Tapin oleh Ketua Mabicab Tapin Kak. H. Syarifuddin, M.Pd.  

 

Terpilih secara aklamasi yaitu Kak. H. Yamani S.Ak. MM. selaku Ketua Kwarcab Tapin dan Kak. Herliwansyah, SE. selaku Ketua merangkap Anggota LPK Kwarcab Tapin beserta anggota lainnya seperti Kak. Emerzi Habiba, Kak Deonisus Rico, H. Badaruddin dan H.M. Maulana yang memrupakan hasil Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Tapin Tahun 2023, yang kemudian ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua Kwarda Kalsel, masing-masing dengan Nomor 56 dan 57 Tahun 2023. (Dody, Romy, Oell4hearts-PusinfodaKalsel)