Logo
Beranda Berita Single Post

KAK KWARDA DAMPINGI MABIDA BUKA PERTIKAWAN REGIONAL KALIMANTAN TAHUN 2023

BANJAR, KWARDA KALSEL – Kamis (9/11) Pagi, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kak Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj. Raudatul Jannah, mendampingi Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka (Kak Mabida) H. Sahbirin Noor yang juga Gubernur Kalsel membuka secara resmi Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Kalimantan Tahun 2023 di Bumi Perkemahan (Buper) Kiram Park, Desa Kiram, Karang Intan, Kabupaten Banjar.

 

Pertikawan Regional Tahun 2023 resmi dimulai saat Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor selaku Ketua Mabida Kalsel yang didampingi Kak Kwarda Kalsel Hj. Raudatul Jannah, Dirjen PKTL KLHK Hanif Faisol Nurofiq, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana dan Ketua Dewan Kerja Daerah Kalsel Isnatul Rayda memukul Gong, yang dilanjutkan dengan Defile Kontingen Parade Borneo. 

 

Nampak pula hadir dalam Upacara Pembukaan tersebut Direktur Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Hanif Faisol Nurofiq, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, Para Ketua Kwarda beserta Andalan Daerah yang ada di Pulau Kalimantan, Pimpinan Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Tingkat Nasional, Daerah dan Cabang, serta Peserta Pertikawan Regional Kalimantan Tahun 2023.

 

Dikutip dari situs pertikawan.or.id dan wasaka.kalselprov.go.id, Ketua Mabida Kalsel H. Sahbirin Noor atau yang biasa dipanggil Paman Birin dalam sambutannya, mengajak seluruh pihak terutama anggota pramuka, agar menjadi generasi muda yang kuat dan Tangguh dalam mengabdikan diri dalam kegiatan bakti lingkungan dan menjaga kelestarian hutan, serta menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan kegiatan peduli lingkungan.

 

 

“Tujuan besar dengan adanya kegiatan ini akan memunculkan generasi muda yang kuat dalam menjalankan aksi kepramukaan yang mengabdikan dirinya dalam kegiatan bakti lingkungan dan kelestarian hutan juga mengaungkan kampanye peduli lingkungan,” ujar Paman Birin.

 

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana yang juga Ketua Panitia Pelaksana Pertikawan Regional Kalimantan Tahun 2023 dalam laporannya mengatakan, Pertikawan Regional Kalimantan Tahun 2023 ini akan menyajikan berbagai kegiatan menarik, edukatif serta rekreatif  yang berfokus pada tema lingkungan dan budaya keberlanjutan.

 

“Kami menyajikan beragam kegiatan yang tidak hanya menarik, tetapi juga edukatif, dengan fokus pada tema lingkungan dan budaya keberlanjutan. Termasuk di antaranya adalah kegiatan perkemahan program Saka Kalpataru, program Saka Wanabakti, pelatihan kepemimpinan anak muda, gladian Dewan Saka, kunjungan wisata, pameran, bazar UMKM, workshop, dan bakti masyarakat,” ungkap Hanifah.

 

Pertikawan sendiri menurut Dirjen PKTL KLHK Hanif Faisol Nurofiq selaku Pimpinan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Tingkat Nasional, merupakan event lima tahunan yang dilaksanakan pada enam regional di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku, serta Papua.

 

Selain itu, Hanif Faisol Nurofiq mengatakan dunia tengah menghadapi krisis lipat tiga (three planetary crisis) yakni perubahan iklim, biodiversity loss, dan polusi mengata. Oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali, harus aware dan dapat meningkatkan adaptasi dalam kaitannya dengan ketahanan iklim.

“Untuk itu, pada kesempatan ini, saya juga mengajak kakak-kakak pramuka sekalian untuk menyukseskan agenda Indonesia’s Folu Net Sink 2030. Folu Net Sink 2030 adalah sebuah kondisi yang ingin dicapai melalui penurunan emisi GRK dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dengan kondisi di mana tingkat serapan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi pada tahun 2030. Adapun, proyeksi target Folu Net Sink 2030 adalah angka net sink – 140 juta ton CO² atau emisi negatif sebesar 140 juta ton CO²,” harapnya.

 

 

Dengan moto “Satya Ku Darmakan, Darma Ku Baktikan” dan tema “Aksi Bersama untuk Lingkungan yang Berkelanjutan dan Hutan Lestari” serta selogan “ULIN yaitu Unggul Lestari Inspiratif,” Pertikawan Regional Kalimantan Tahun 2023 yang diikuti sebanyak 670 peserta dari berbagai daerah di Kalimantan ini, akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 12 November 2023 mendatang.

 

Diharapkan melalui kegiatan Pertikawan ini, para pramuka akan menjadi pionir dan tauladan yang menerapkan prinsip-prinsip perlindungan sumber daya alam dan ekosistem serta melakukan hidup ramah lingkungan hingga ke generasi berikutnya. (Oellah-PusinfodaKalsel)