Logo
Beranda Berita Single Post

JAMBORE PUSINFO CIPTAKAN JURNALIS BERINTEGRITAS DI PRAMUKA

BANJARMASIN, KWARDA KALSEL – Harapan tersebut disampaikan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Kak. Hj. Raudatul Jannah melalui Wakil Ketua Bidang Humas dan Infokom Kwarda Kalsel Kak. Berkatullah saat membuka secara resmi Jambore Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan Tahun 2023, Rabu (22/11) Pagi, di Aula Lantai III Gedung Kwarda Kalsel, Banjarmasin.

 

Tidak hanya itu, Kak Kwarda Kalsel yang merupakan istri dari Gubernur Kalsel juga berharap Pusat Informasi yang selajutnya disingkat menjadi Pusinfo di Kalsel dapat menjadi penyeimbang terhadap informasi yang tersampaikan dalam media sosial kepada anggota pramuka dengan perspektif yang jernih untuk melawan kekacauan informasi yang mungkin tombul di media sosial, sehingga anggota pramuka dapat mencerna informasi dengan baik.

 

 

 

 

“Saya berharap melalui kegiatan Jambore Pusat Informasi Gerakan Pramuka ini dapat menjadikan pramuka sebagai jurnalis professional dan berintegritas di kalangan Gerakan Pramuka. Dan menjadi penyeimbang terhadap informasi yang tersampaikan dalam media sosial kepada anggota pramuka dengan perspektif yang jernih untuk melawan kekacauan informasi yang mungkin tombul di media sosial, sehingga anggota pramuka dapat mencerna informasi dengan baik.”

 

Ia juga menambahkan, Perkembangan teknologi saat ini telah membentuk budaya baru dalam masyarakat. Media sosial tumbuh dan berkembang menjadi salah satu sumber informasi yang dimiliki masyarakat kita. Untuk itu peran Pusat Informasi Gerakan Pramuka sangat penting untuk memberikan pemberitaan yang akurat dan menjadi salah satu ujung tombak bagi Gerakan Pramuka untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

 

 

Kegiatan Jambore Pusinfo Kalsel Tahun 2023 yang diikuti sebanyak 45 orang peserta yang merupakan perwakilan Pusinfo Kwarcab dari Kabupaten/Kota se Kalsel, Saka Bahari, Saka Dirgantara, Saka Wira Kartika, DKD dan Pramuka Peduli Kwarda Kalsel ini, selain merealisasi Program Kerja Pusinfoda Kalsel, juga bertujuan mempererat silaturahmi sesama anggota pusinfo, meningkatkan pengetahuan jurnalistik serta memperkuat jejaring Pusinfo Gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan.

 

 

Kegiatan yang berlangsung tanggal 22-23 November 2023, mengajak para peserta membuat vlog sambal menikmati indahnya daerah aliran sungai Martapura dan pasar terapung di Lok Baintan, juga menyajikan pengetahuan alur kerja jurnalistik media di Banjarmasin Post dan Duta TV Banjarmasin melalui metode ceramah, diskusi serta kunjungan lapangan dan praktek, sehingga kedepan para peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam pembuatan produk-produk jurnalistik yang mendukung Gerakan Pramuka menciptakan citra positif apa yang dilakukan pramuka kepada masyarakat. (Zaki/Oellah – Pusinfoda Kalsel).