Logo
Beranda Berita Single Post

TINGKATKAN KOMPETENSI, PUSINFO DIBEKALI PENGETAHUAN JURNALISTIK

BANJARMASIN, KWARDA KALSEL – Setelah sebelumnya sukses melaksanakan Workshop dan Jambore Pusat Informasi (Pusinfo), Pusinfo Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali membekali anggota Pusinfo Kwarda, Pusinfo Kwarcab, Satuan Karya Pramuka, Gudep Pramuka Luar Biasa, Gudep Pramuka Lapas Anak, Dewan Kerja Daerah serta Staf Kwarda Kalsel, pengetahuan berbagai media jurnalistik, dan bagaimana menentukan angle kamera serta angle berita yang baik dan menarik melalui kegiatan Orientasi Jurnalistik.

 

Dari laporan Ketua Panitia Pelaksana Orientasi Jurnalistik, Kak. Ahmad Khairullah saat acara pembukaan, diketahui bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program dari Pusinfo Kwarda Kalsel yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi tim pusat informasi daerah kalimantan selatan dan tim pusat informasi cabang serta memperkuat silaturahmi dan soliditas antar pusat informasi.

 

“Kegiatan orientasi ini selain merupakan realisasi salah satu program kerja pusinfoda kalimantan selatan, juga dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi tim pusat informasi daerah kalimantan selatan dan tim pusat informasi cabang di lingkup kwartir daerah gerakan pramuka kalimantan selatan, serta memperkuat silaturahmi dan soliditas antar pusat informasi.” Kata Kak Ahmad Khairullah. Jum’at (24/11) Malam.

 

Orientasi Jurnalistik yang mengangkat tema “Kompeten Berinovasi dan Berbagi Informasi Untuk Kemajuan Negeri” ini dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Ka. Kwarda) Kalsel Kak Hj. Raudatul Jannah yang diwakili Sekretaris Kwarda Kalsel Kak H. Bahtiar. Nampak hadir pada acara pembukaan tersebut Kepala Pusinfoda Kalsel Kak Hilmansyah, Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan (Pulitbang) Kwarda Kalsel Kak Yulian, Andalan Kwarda Kalsel Kak Hj. Nailah dan Anggota Dewan Kehormatan Kwarda Kalsel Kak. Ida.

 

 

Setiap Pramuka Adalah Pewarta merupakan slogan yang selalu digaungkan oleh Gerakan Pramuka menurut Kak Kwarda Kalsel, bertujuan bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka merupakan orang yang berpotensi untuk menyebarkan informasi melalui pemberitaan yang baik. Sebanyak apa pun kegiatan kepramukaan dan sebesar apa pun bakti pramuka yang dilakukan, namun jika tidak diikuti dengan publikasi yang meluas maka kecil kemungkinannya untuk diketahui masyarakat luas. Maka dari fungsi kehumasan dalam kaitan mempublikasikan berbagai kegiatan kepramukaan menjadi sangat penting.

 

 

Ia juga menambahkan, bahwa hal tersebut bukan berarti untuk bersombong atau menonjolkan diri, namun adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban Gerakan Pramuka kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara.

 

“Bukan berarti kita hendak sombong atau menonjolkan diri tetapi sebagai bentuk bukti pertanggungjawaban Gerakan Pramuka kepada orang tua anggota Gerakan Pramuka, masyarakat, bangsa, dan Negara.” Ungkap Kak Odah melalui Kak H. Bahtiar  saat memberikan sambutan pada acara pembukaan kegiatan orientasi jurnalistik.

 

 

Ia juga mengapresiasi Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Selatan yang telah berupaya mewujudkan dan menyelenggarakan kegiatan Orientasi Jurnalistik mengingat pendidikan dan pelatihan tentang jurnalistik bagi Anggota Pramuka sangatlah penting untuk mewujudkan pewarta yang profesional.

 

Untuk itu ia berpesan, agar seluruh peserta agar mengikuti dan memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik – baiknya, guna menunjang misi Setiap Pramuka adalah Pewarta. Dengan harapan peserta nantinya bisa menjadi pewarta yang kompeten dalam memberitakan berbagai kegiatan kepramukaan dan berita-berita lainnya yang membangun perbaikan serta keutuhan bangsa di lingkungan masing-masing.

 

 

Orientasi Jurnalistik direncanakan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai pada hari Jum’at, 24 November 2023 hingga nantinya berkahir pada hari Minggu, 26 November 2023, dengan mengambil tempat di kwarda kalsel untuk materi, dan praktek penugasan pada Jambore Pramuka Peduli Daerah (Jamprapda) di Bumi Perkemahan Lemdikada, Sungai Ulin, Banjarbaru dan kegiatan Orientasi Jurnalistik sendiri sebagai objek peliputan. (Oel-PusinfodaKalsel)