Logo
Beranda Berita Single Post

DKD KALSEL IKUTI MUSPPANITRA NASIONAL 2023

BANDA ACEH, KWARDA KALSEL – Delegasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diwakili oleh Ketua dan Sekretaris II Dewan Kerja Daerah Isnatul Rayda dan Dimas Arya Prayoga, mengikuti Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri Putera (Musppanitra) Nasional Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 28-30 November 2023 di Ayani Hotel, Banda Aceh, Provinsi Aceh.

 

 

Selain mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sidang pleno, Ketua dan Sekretais II DKD juga juga turut memberikan tanggapan dan pandangan umum terhadap laporan pertanggungjawaban (LPJ) Dewan Kerja Nasional (DKN) Masa Bakti 2018-2023 yang disampikan oleh Ketua  DKN Fatkhul Manan, M.AP. DKD Kalsel juga mengajukan berbagai usulan dan saran sebagai rencana strategis untuk pembinaan konkrit Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pada masa bakti berikutnya yaitu Tahun 2023-2028. Usulan dan saran tersebut disampaikan secara tertulis yang harus dibuka dan dibaca oleh Pengurus DKN berikutnya.

 

 

Pada Musppanitra Nasional tersebut, Raihan Muhammad Sujaya dan Tamara Al Ihsan sebagai Ketua dan Wakil Ketua DKN Masa Bakti 2023. Musppanitra Nasional Tahun 2023 juga menghasilkan Rencana Strategis dan Rencana Kerja DKN sebagai pengelola kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang akan menjadi bagian Rencana Strategis, Rencana Kerja dan Program Kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada lima tahun kedepan.

 

 

Musppanitra sendiri merupakan forum tertinggi untuk pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Puteri Putera sebagai wahana permusyawaratan untuk menampung aspirasi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di tingkat Kwartir masing-masing. Musppanitra diisi dengan kegiatan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) atas kebijakan yang telah dibuat oleh Dewan Kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan rencana kerja, mengevaluasi Evaluasi kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega selama masa bakti, melaksanakan perumusan atas masukan, saran dan kritik untuk rencana kerja dan kebijakan Kwartir untuk kebaikan dan kemajuan dalam pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, serta melakukan pemilihan anggota Ketua dan Wakil Ketua serta persyaratan Anggota Dewan Kerja untuk masa bakti berikutnya. (Isna,Dimas,Oellah-Pusinfoda Kalsel)