Logo
Beranda Berita Single Post

Pramuka Penegak Ikut Serta Tanam 25 Ribu Bibit Pohon Sengon Bersama KPH Kusan Di Desa Pulau Salak Dalam Kegiatan Revolusi Hijau 2023

Puluhan Pramuka Penegak ikut serta Tanam 25 Ribu Bibit Pohon Sengon Bersama KPH kusan Di Desa Pulau Salak

 

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanah Bumbu - Dalam Rangka Gerakan Revolusi Hijau.Dinas Provinsi kalimantan Selatan melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan gelorakan semangat menanam Pohon di Desa Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir,Kab Tanah Bumbu, 2 Desember 2023

 

Seperti yang diketahui Penanaman Pohon sempat vakum, dikarenakan beberapa bulan  terakhir mengalami kemarau cukup ekstrim sehingga penanaman tidak bisa dilakukan.

 

Menindak lanjuti arahan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel terkait Gerakan Revolusi Hijau, KPH  kusan menggelar aksi penananam bersama masyarakat di lokasi pembangunan Hutan Rakyat (HR) seluas 28 Hektar.

 

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Mandiri Bersama Pulau Salak dan Komando Distrik Militer (Kodim)1022 Tanah Bumbu.

 

Dalam Kesempatan ini Puluhan Pramuka penegak dari Gugus Depan (Gudep) 02.027.02.028 SMKN Kusan Hilir,Kwartir Ranting Kusan Hilir Ikut ambil bagian dalam Penanaman Pohon tesebut.

 

Tidak hanya itu aksi penanaman bibit pohon sengon tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Kodim 1022 Tanah Bumbu,Unsur Muspika Kusan Hilir dan Jajaran,Pramuka Penegak,Kepala Desa dan jajaran, KPH Kusan,Kelompok Tani Hutan Mandiri Bersama, dan perwakilan PKK maupun Posyandu setempat serta warga masyarakat Pulau Salak.

 

"Diiringi rintik hujan acara penanaman bersama diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Rimbawan.

 

Kemudian dilanjutkan sambutan Kepala Desa Pulau Salak, dan Kodim 1022 Tanbu dan Kepala KPH Kusan serta penyerahan bibit secara simbolis kepada KTH Mandiri Bersama dilanjutkan dengan penanaman bersama.

 

"Dalam Sambutan Kepala Desa Pulau Salak Nasaruddin mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang sudah membantu pembangunan tanaman Hutan Rakyat ini.

 

"Kami atas nama pemerintah desa mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada KPH Kusan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Kodim 1022 Tanah Bumbu atas segala perhatian dan dukungannya

 

"Nasaruddin berharap Mudah mudahan penanaman di atas lahan aset TNI 1022 Tanah Bumbu ini mampu bekerja sama dengan KTH Mandiri Bersama.

 

"Ya besar harapan kami agar kedepannya tanaman pokok pohon kayu Sengon dan Jabon menjadi tabungan dan tanaman bawahnya palawija Jagung merupakan jalan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat kami "kata Nasaruddin Kepala Desa Pulau Salak.

 

"Senada Kodim 1022 Tanah Bumbu Di wakili Danramil Kusan Hilir Letda Infantri Suratmin mengingatkan kepada masyarakat akan arti penting keberadaan pohon maupun hutan sebagai penopang kehidupan manusia,

 

"Baik dari sisi kelestarian lingkungan, penghasil oksigen dan kelestarian flora dan fauna yang sangat dibutuhkan manusia dalam menjaga keseimbangan hidup bersama,"harap nya.

 

Penanaman dilakukan secara simbolis dengan menanam 500 batang pohon Sengon dari 25.000 batang yang di siapkan,selanjutnya penanaman dilakukan oleh anggota KTH Mandiri Bersama,

 

Bersamaan dengan itu disela tanaman pokok juga ditanami dengan tanaman jenis palawija Jagung,tutup Danramil