Logo
Beranda Berita Single Post

Anggota Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Ikuti Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Mendukung Operasi Lilin 2023.

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tanah Bumbu Melalui Satuan Karya Bhayangkara Polsek Batulicin Polres Tanah Bumbu menurunkan sebanyak 26 anggota Penegak ikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka mendukung Operasi Lilin 2023.

Adapun kegiatan Operasi kepolisian terpusat ini dengan sandi operasi lilin 2023 dilaksanakan selama 12 hari Mulai tanggal 22 Desember sampai dengan 2 Januari 2024.

Dalam amanat yang disampaikan oleh Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arif Prasetya,saat gelar Apel pasukan di Halaman utama Mapolres Tanah Bumbu.Kamis 22 Desember 2023.

AKBP Arif Prasetya mengatakan Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil gabungan selama pelaksanaan operasi lilin 2023.

"Sehingga diharapkan kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta malam pergantian tahun baru 2024 nanti dapat berjalan dengan optimal,"tegas Kapolres

"Menurut AKBP Arif Prasetya pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) merupakan tugas rutin yang harus kita perhatikan agar berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

"Momentum ini menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat oleh sebab itu dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun baru Polri didukung TNI Pemerintah Daerah serta Stekholder,"tuturnya.

Untuk itu petugas akan berjaga di beberapa titik Pos Operasi Lilin di Tanah Bumbu,selain itu pihak nya juga akan laksanakan patroli jalan kaki guna mencegah terjadinya kejahatan,selanjutnya pada sisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) tentu ini untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal agar berlangsung dengan aman dan nyaman,"harap Kapolres

"Pihak nya juga akan pastikan setiap lokasi ibadah sudah di sterilisasi dengan melibatkan Organisasi Masyarakat (Ormas) ke Agamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama,serta di pastikan ada  kehadiran Negara pada setiap kegiatan pada masyarakat,"tutur Kapolres Tanbu dalam sambutannya.

AKPB Arif Prasetya menyebutkan ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius untuk itu di kedepankan deteksi dini dan preventif Strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya.

"Serta lakukan penjagaan tetap pada pusat keramaian maupun tempat ibadah,agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal atau pun malam pergantian tahun 2024 nanti,"Ucap Arif

Mengakihiri Sambutan Kapolres Tanah Bumbu mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur yang terlibat,mudah mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Senada Kak Mulia wahdaniati selaku Pamong Saka di Polsek Batulicin ini mengatakan Anggota Pramuka Saka Bhayangkara ini kita sebar dua titik yakni Pos pelayanan Pelabuhan Feri Batulicin dan Pos Terpadu Taman Edukasi Simpang Empat,mereka akan bergabung dengan Petugas dilapangan guna membantu Masyakat,"ujar Wahda

Sebagai informasi Apel Operasi lilin 2023 diikuti TNI/POLRI,Dinas Perhubungan Tanbu,Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran,di tambah Brimob Bataliyon A.BASARNAS Unit Pos SAR Batulicin,BPBD Tanbu

Selain itu ada juga dari  Relawan Pelopor Keselamatan Jalan Raya (PKJR)Tanbu,Sentra Komunikasi (Senkom),Jasa Raharja dan Pramuka Saka Bhayangkara