Logo
Beranda Berita Single Post

KWARDA KALSEL BAKAL LAKSANAKAN KEMSARLANG

KWARDA KALSEL, BANJARMASIN – Bulan Juni 2024 nanti, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal kembali melaksanakan pertemuan akbar para anggota pramuka golongan penggalang, pertemuan akbar tersebut akan melibatkan ribuan peserta dan panitia pelaksana, baik peserta didik maupun anggota dewasa pramuka dari berbagai penjuru Kalimantan Selatan. Pertemuan akbar yang bertajuk Kemah Besar Penggalang Kalimantan Selatan Tahun 2024 atau disingkat KEMSARLANG KALSEL 2024 ini tentunya diharapkan akan mengulang kembali suksesnya pelaksanaan kegiatan Kemah Bela Negara tingkat Nasional pada tahun 2023 kemarin.

 

Bertempat di Gedung Pramuka Kwarda Kalsel, Selasa (14/05) dilangsungkan rapat persiapan yang menandai mulainya berbagai persiapan demi suksesnya pelaksanaan KEMSARLANG mendatang. Rapat yang dihadiri oleh para Andalan dan Pengurus Badan Integral Kwarda Kalsel ini dipimpin oleh Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Abdimasgana) yang sekaligus juga menjabat Ketua Harian Kwarda Kalsel Kak. H. Achmadi, S.Sos. dan Sekretaris Kwarda Kalsel Kak. Drs. Bachtiar.

 

Kemsarlang Kalsel 2024 yang akan mengambil tempat di Kiram Park, Kabupaten Banjar ini menurut paparan Ketua Kwarda Kalsel Hj. Raudatul Jannah, SKM. M.Kes. yang disampaikan Kak. Achmadi, merupakan pertemuan para anggota pramuka khususnya adik-adik pramuka penggalang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik sekaligus mengevaluasi hasil pembinaan peserta didik di gugusdepan dalam mencapai tujuan dan sasaean Gerakan Pramuka dan mengamalkan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma.

 

Dengan mengangkat tema "PIAN" yang singkatan dari Patriotisme, Inovatif, Antusias dan Nasionalis diharapkan menjadikan Penggalang memiliki jiwa patriotis, penuh inovatif dan selalu antusias serta berjiwa nasionalis melalui kegiatan yang menerapkan prinsip modern, bermanfaat dan taat azas dengan berbagai kegiatan yang menantang serta metode-metode kegiatan lainnya sesuai situasi dan kondisi yang diperlukan Gerakan Pramuka.

 

“pada tahun ini yang tepatnya tanggal 27-30 Juni 2024 yang akan datang, Kwarda Kalsel kembali akan melaksanakan pertemuan akbar pramuka penggalang, yang diharapkan dapat mengulang kembali susksesnya pelaksanaan Kemah Bela Negara Tingkat Nasional pada tahun 2023 yang lalu” ucap Kak. H. Achmadi, S.Sos mewakili Kak Kwarda Hj Raudatul Jannah, S.KM. M.Kes.

 

Kak Kwarda Kalsel juga mengajak adik-adik para penggalang di Kalimantan Selatan untuk mempersiapkan diri dan regunya untuk mengikuti Kemah Besar Penggalang Kalimantan Selatan Tahun 2024 yang akan dilaksanakan tanggal 27-30 Juni 2024 di Bumi Perkemahan Kiram Park, Kabupaten  Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan yang akan datang. Giatlah berlatih dan menguasai berbagai keterampilan yang telah diajarkan para pembina adik-adik sekalian. (oel,hikmah-PusdatinKwardaKalsel)