Logo
Beranda Berita Single Post

KWARDA KALSEL FASILITASI KMD BAGI PRAMUKA PANDEGA

BANJARMASIN, KWARDA KALSEL – Bertempat di Ruang Terbuka Hijau Masjid Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, peserta Kursus Mahir Dasar (KMD) tingkat Pandega se Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2024 melakukan kegiatan di alam terbuka, sebagai salah satu kegiatan dalam kurikulum KMD. Pada kegiatan tersebut juga disampaikan materi ragam permainan bagi peserta didik di gugus depan secara berkelompok. Setiap kelompok diwajibkan membuat dan mempresentasikan hasil permainan yang telah direncanakan. Ragam permainan ini ditujukan agar minat peserta didik di gugus depan semakin meningkat dalam mengikuti setiap kegiatan Kepramukaan, selain itu permainan dimainkan juga tentunya mengandung nilai-nilai pembelajaran seperti melatih konsentrasi, kekompakan, kecerdikan serta memberikan rasa senang dan riang gembira bagi peserta didik.

 

 

Kegiatan di alam terbuka ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan KMD berupa materi ruangan yang sebelumnya dilaksanakan di Gedung Kwarda Kalsel. KMD bagi Pramuka Pandega yang difasilitasi oleh Kwarda Kalsel melalui Pusdiklatda Bina Banua ini dilaksanakan dari tanggal 1 sd 6 Juni 2024 dengan peserta dari Dewan Kerja dan Pramuka dari satuan pendidikan Perguruan Tinggi di Kalsel yang berusia dari 21 hingga 25 tahun dan telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Pandega.

 

 

“KMD sendiri merupakan suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis dalam membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak dan racana pandega. Dengan KMD yang dilaksanakan bagi Pramuka Pandega ini selain untuk memfasilitasi dan mempercepat pencapaian target Pramuka Pandega Garuda, juga untuk memberikan bekal bagi para Pramuka Pandega sebagai pembantu pembina yang akan meneruskan kegiatan pembinaan di gugus depan  ini dan diharapkan dapat menciptakan profil pembina pramuka masa kini sesuai dengan tujuan revitalisasi Gerakan Pramuka serta Pramuka Banua Unggul” ujar Kak Kwarda Kalsel Hj. Raudhatul Jannah yang di sampaikan oleh Ketua Harian Kwarda Kalsel Kak H. Achmadi saat membuka KMD bagi Pramuka Pandega di Gedung Kwarda Kalsel.

 

 

Kak Kwarda yang juga dikenal dengan sebutan ACIL ODAH ini juga berharap, semua peserta dapat dengan sungguh-sungguh mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan sebaik-baiknya, penuh dengan rasa tanggung jawab sesuai dengan Kode Kehormatan Pramuka. (Pusdatin)