Logo
Beranda Berita Single Post

PRAMULI KALSEL BANTU KORBAN BANJIR SATUI

SATUI, KWARDA KALSEL - Bersama dengan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Pramuka Peduli Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalsel yang diberangkatkan Kamis (6/6) lalu bergerak menuju Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, dalam rangka membantu 9.773 warga dari 24 Desa di Tanah Bumbu yang sedang mengalami musibah akibat bencana banjir sejak Selasa (4/6). Pramuka Peduli Kwarda Kalsel yang dipimpin langsung Ketua Harian Kwarda Kalsel yang jua Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Kwarda Kalsel Kak. H. Achmadi ini menyertakan puluhan anggota pramuka baik dari Kwarda maupun dari Kwarran dan Kwarcab Tanah Bumbu.

 

 


Sejak ditugaskan para anggota pramuka ini bersama Taruna Siaga Bencana selain membantu pelaksanaan Dapur Umum Lapangan dan Pembagian Logistik untuk dibagikan kepada korban terdampak banjir, sebagian juga ditugaskan membantu pelaksaaan evakuasi serta memulihkan trauma (trauma healing) bagi para korban banjir khususnya yang masih berusia anak-anak, yaitu dengan mengajak mereka melakukan berbagai permainan yang dianggap dapat menyembuhkan rasa cemas, panik maupun ganguan psikologis lainnya sehingga korban bencana dapat kembali berpikir secara logis.

 


Berbagai bantuan yang dikerahkan dan diterjunkannya Pramuka Peduli untuk membantu korban bencana banjir kali ini, menurut Ketua Kwarda Kalsel Hj. Raudatul Jannah, SKM. M.Kes. melalui Ketua Harian Kak. Achmadi saat ditemui Minggu (9/6) di Satui menjelaskan, bahwa selain sebagai bentuk pengabdian kepada ibu pertiwi, juga sebagai wujud pengamalan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka yaitu perwujudan ringan tangan dalam membantu dan menolong sesama hidup, serta ikut serta membangun masyarakat.

 


"diharapkan dengan bantuan yang mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan, setidaknya juga dapat sebagai perwujudan niat tulus dari Pramuka untuk meringankan dan membantu kai, nini, acil, julak, bapak, ibu, dan rekan-rekan serta anak-anak kami yang sedang terdampak bencana banjir" tambah Acil Odah melalui Kak. Achmadi. (Pramuli-Pusdatin)