Logo
Beranda Berita Single Post

KEMSARLANG RESMI DIBUKA

KIRAM, KWARDA KALSEL – Bertempat di Panggung Utama Kemah Besar Penggalang (Kemsarlang) Tahun 2024,  Kamis (27/06) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Kak Mabida) Kalsel membuka secara resmi Kemsarlang Tahun 2024. Pada kegiatan tersebut Nampak hadir Forkopimda dan Pejabat Pimpinan Pratama Dinas/Instasni Provinsi Kalsel yang juga menjabat Anggota Mabida Gerakan Pramuka Kalsel, Bupati/Walikota se Kalsel selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Kak Mabicab), Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kak Kwarcab) se Kalsel beserta Pengurus dan Badan Kelengkapan Kwarcab, Wakil Ketua, Andalan Daerah serta Badan Kelengkapan Kwarda Kalsel, Pimpinan Kontingen Cabang, Pembina Pendamping dan ribuan Anggota pramuka Penggalang dari 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

 

Dengan tema “Bersama Mewujudkan Pramuka yang Unggul, Berkualitas, dan Berkarakter”, Kemah Besar Penggalang yang kemudian disingkat Kemsarlang ini menurut Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kak Kwarda) Kalsel Hj. Raudatul Jannah, S.KM. M.Kes atau Acil Odah melalui Ketua Harian Kwarda Kalsel Kak. H. Achmadi mengatakan bahwa kegiatan Kemsarlang ini diikuti oleh 949 orang peserta baik 104 Regu Pramuka Penggalang yang terdiri dari 52 Regu Putera, dan 52 Regu Puteri dari 13 Kwartir Cabang atau 13 Kabupaten/Kota Se Kalsel, Pembina Pendamping maupun Pimpinan Kontingen Cabang (Pinkoncab).

 

“Kemsarlang yang diikuti 949 orang yang terdiri dari Pramuka Penggalang, Pembina Pendamping maupun Pinkoncab bertujuan untuk memberikan wadah pembinaan dan pendidikan bagi pramuka penggalang dalam mengamalkan kode kehormatan Pramuka, yaitu Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, sebagai salah satu upaya mencapai tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka” ujar Acil Odah yang disampaikan Kak Achmadi.

 

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin mengapresiasi Kemah Besar Penggalang ini, dimana tidak hanya menghadirkan Anggota Pramuka Penggalang saja, namun juga menghadirkan Anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus. “meskipun mereka mengikuti kegiatan dengan keterbatasan, namun mereka hadir disini melampaui keterbatasan mereka” Ujar Paman Birin.

 

“Kegiatan seperti ini hendaknya semakin memperkokoh tekad, semangat, dan komitmen kita bersama untuk memantapkan Gerakan Pramuka dalam membangun generasi yang lebih baik di masa depan. Untuk itu saya berpesan kepada para peserta agar memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, untuk belajar berbagai hal dan pengalaman baru dan berharga, menekankan pentingnya kebersamaan dan Kerjasama, menjaga disiplin dan tanggung jawab, serta selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat mengikuti perkemahan ini” pesannya Paman Birin.

 

Puncak Pembukaan Kemsarlang ditandai dengan pemukulan gong oleh Kak Mabida dengan didampingi Kak Kwarda yang diwakili Ketua Harian Kwarda Kalsel, Kepala Kemenag dan Forkopimda Kalsel sesaat setelah menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Bergerak, Hymne Pramuka dan Mars Jayalah Pramuka, Pengucapan Pancasila, UUD 1945, Dasa Dharma serta Pengalungan Tanda Peserta kepada perwakilan peserta, yang dilanjutkan dengan kunjungan kuliner banua yang disediakan oleh 13 Kwarcab Se Kalsel.

 

Sebelum meninggalkan Bumi Perkemahan Alam Roh 20 Paman Birin menyempatkan menyapa, bersalaman dan berberfoto Bersama dengan para peserta yang hadir pada Pembukaan Kemah Besar Penggalang Tahun 2024. (HumasKemsarlang/Pusdatin)