Logo
Beranda Berita Single Post

KWARCAB BANJAR SIAPKAN PEMBINA GUGUS DEPAN BERKUALITAS MELALUI KMD

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banjar Hj Nurgita Tiyas Saidi Mansyur membuka secara resmi Kursus Mahir Pembina Tingkat Dasar (KMD) di Guest House Sultan Sulaiman, Senin (22/7) Martapura. 

 

KMD yang mengangkat tema  “Pembina Terampil, Anak Didik Terampil menjadikan Gugus depan Maju dan Unggul” ini dilaksanakan selama 7 hari, mulai tanggal 21 Juli hingga 27 Juli 2024. 

 

"Kita ketahui, Kursus Mahir Tingkat Dasar sebagai titik paling mendasar bagi para calon pembina pramuka untuk memperoleh legalitas dalam membina anggota pramuka di Gugus Depan (sekolah)", Ujar Ketua Kwarcab Banjar. 

 

Dijelaskannya, Kursus Mahir Tingkat Dasar  ini sendiri merupakan tindak lanjut dari rencana program Kwartir Cabang Banjar Tahun 2024. 

 

Hj Nurgita Tiyas berharap, kursus yang diselenggarakan tersebut menjadi media sebagai bekal utama bagi calon pembina pramuka di Kabupaten Banjar dalam mengimplementasikan ilmunya bagi peserta didik yang akan dibina nantinya di gugus depan (sekolah) untuk membentuk pribadi yang berkarakter, mandiri, semangat bekerja yang tinggi dan disiplin. 

 

Ditempat dan waktu yang sama Asisten Perekonomian dan Pembangunan sekaligus Ketua Harian Kwarcab Pramuka Banjar Ikhwansyah mengatakan, kegiatan kursus mahir ini akan terus dilaksanakan. 

 

“Kita berharap dari pelatihan ini bisa menciptakan pramuka-pramuka yang bisa bertanggung jawab untuk bangsa dan negara,” harapnya. 

 

Diakhir kegiatan ini dilakukan pengalungan tanda peserta oleh Ketua Kwarcab Banjar Hj Nurgita Tiyas dan Ketua Kwarda Kalsel diwakili Wakil Ketua Organisasi dan Hukum H Rusli, penyerahan bendera dan tunggul latihan serta penancapan kapak. 

 

Turut hadir anggota Mabicab Pramuka Banjar, para Wakil Ketua beserta para pengurus Kwarcab Pramuka Banjar, Ketua Pusdiklatcab Kwartir Cabang Banjar beserta tim pelatih dan calon pembina peserta kursus mahir tingkat dasar. (Reza/Pusinfo Kwarcab BJR)